FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Wednesday, June 29, 2016

Asam, Basa, Garam, Buffer, Kimia Bu Rosemayayu


"Pagi ini aku harus mengikuti ulangan susulan Kimia bersama Bu Rosemayayu. Ulangan hari ini lisan. Aku meragukan kemampuanku ketika ulangan lisan. Ketika ulangan lisan, lidahku terasa memiliki tulang dan menjadi sulit untuk mengucapkan kata-kata, tak hanya itu otakku seakan-akan mengalami kekurangan oksigen dan syaraf-syarafnya begitu lamban mengirimkan informasi yang telah diolah dari data-data sel penyimpannya. Oh Tuhan, bagaimana ini? Apakah hamba harus berlari dari kenyataan ulangan lisan bersama Bu Rosemayayu di pagi ini. Oh tidak, kalau aku berlari dari kenyataan ulangan ini, pasti aku akan gagal menjadi pakar jamu tradisional. Aha... akhirnya aku ingat, aku kan bisa buka brotherofchemistry.blogspot.com, disitu mungkin bro vhisncrow mengulas tentang materi ulangan lisanku. Aku akan coba ah. Oh iya perkenalkan namaku Ginger."

Dan akhirnya Ginger pun membuka vhisncafe.blogspot.com. Ginger menemukan kata kunci yang dicarinya. Penasaran dengan apa yang dicari oleh Ginger? Ini dia nih, ternyata Ginger mencari tentang asam, basa dan reaksi asam basa. Dalam vhisncafe.blogspot.com, asam, basa dan reaksi asam basa diulas dengan ciamik. Sehingga Ginger merasa bahagia dan percaya diri ketika menjalani ulangan lisan bersama Bu Rosemayayu.

Asam

Asam berdasarkan penggolongannya, dapat digolongkan menjadi asam lemah dan asam kuat. Asam lemah adalah asam yang tidak terionisasi sempurna menghasilkan proton (H+) dan basa konjugasi (anion yang dihasilkan ketika asam lemah melepaskan satu H+). Nah itulah asam lemah, sekarang kita bicarakan asam kuat yuk. Asam kuat adalah asam yang terionisasi sempurna menghasilkan proton, yaitu ion H+ dan basa konjugasinya. Teman-teman muda semua, sekarang kalian harus hafal enam asam kuat. Asam-asam yang tidak termasuk asam kuat berarti masuk asam lemah.

Basa

Basa berdasarkan penggolongannya, dapat digolongkan menjadi basa lemah dan basa kuat. Basa lemah adalah basa yang tidak terionisasi sempurna menghasilkan ion hidroksonium atau hidroksida (OH-) dan asam konjugasi (kation yang dihasilkan ketika basa lemah melepaskan satu ion OH-). Nah itulah basa lemah, sekarang kita bicarakan basa kuat yuk. Basa kuat adalah basa yang terionisasi sempurna menghasilkan ion OH- dan basa konjugasinya. Seperti asam kuat, sekarang kita juga harus hafal basa kuat ya.

Tenang, gampang kok mengingatnya, basa kuat adalah semua hidroksida (persenyawaan yang dapat menghasilkan ion OH-). Basa kuat adalah semua hidroksida dari Na (natrium), K (kalium), Rb (rubidium), Cs (cesium), Ca (calsium), Sr (strontium), Ba (barium). Kalau udah hafal basa kuat, berarti kan basa-basa selain basa kuat adalah basa lemah.

Di bawah ini adalah sumbangan gambar kecil dari vhisncrow buat adik-adik yang rajin belajar kimia, hafalin nih basa kuat dan asam kuatnya, ini yang sering keluar di materi ulangan harian sekolah. Basa lemah memiliki nilai konstanta ionisasi basa lemah, Kb. Asam lemah memiliki nilai konstanta ionisasi asam lemah, Ka.

Reaksi asam dengan basa disebut reaksi netralisasi.

Asam + Basa → Garam + Air

Contoh HCl + NaOH → NaCl + H2O

Nah kalau ditinjau dari asam dan basa yang bereaksi, maka akan ada 4 jenis reaksi asam dengan basa:

  1. Asam Kuat dengan Basa Kuat
  2. Asam Kuat dengan Basa Lemah
  3. Asam Lemah dengan Basa Kuat
  4. Asam Lemah dengan Basa Lemah

Asam Kuat dengan Basa Kuat

Apabila asam kuat dan basa kuat bereaksi secara stoikiometris (tepat habis bereaksi), maka pH hasil reaksi adalah = 7. Bagaimana kalau asam kuatnya bersisa? bagaimana kalau basa kuatnya bersisa? Silakan dibahas dengan tetangga.

Asam Kuat dengan Basa Lemah

Apabila asam kuat bersisa, maka pH larutan hasil reaksi kita tentukan dengan ketentuan pH asam kuat. Kalau yang bersisa adalah basa lemah, maka pH larutan hasil reaksi ditentukan dari sistem buffer basa. Apabila asam kuat dan basa lemah keduanya habis, maka pH larutan hasil reaksi ditentukan dari ketentuan pH garam.

Asam Lemah dengan Basa Kuat

Nah bagaimana ini cara menentukan pH larutan hasil reaksi

Asam Lemah dengan Basa Lemah

Kalau asam lemah dan basa lemah keduanya habis, tentunya pH larutan hasil reaksi ditentukan dengan ketentuan pH garam. Bila Ka asam lemah lebih besar dari Kb basa lemah, maka pH bersifat asam. Dan berlaku sebaliknya.

1 comment:

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.