FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Saturday, August 13, 2016

Hibridisasi dan Bentuk Molekul


Atom-atom dapat bergabung membentuk molekul. Molekul yang terbentuk dapat berupa molekul unsur atau molekul senyawa. Bedanya apa guys antara molekul unsur dengan molekul senyawa? Nah ini nih yang semangat udah nanya-nanya, molekul unsur itu molekul yang terbentuk dari atom-atom yang serupa, misal H2, N2, O3 dan lain-lain yang tersusun oleh atom-atom yang sama. Sementara itu molekul senyawa adalah molekul yang tersusun oleh atom-atom yang berbeda, seperti misalnya saja H2O, CO2 dan H2S yang baunya mirip bau gas kentut, hehehe.


Nah atom-atom yang bergabung ini akan memiliki bentuk molekul. Bentuk molekul yang terjadi dari ikatan antaratom ini akan dipengaruhi oleh yang namanya hibiridisasi orbital elektron. Hibridisasi itu bisa dipahami sebagai penggabungan orbital-orbital elektron menjadi orbital-orbital yang memiliki tingkat energi yang sama. Cara mudah mengetahui hibridisasi yang terbentuk adalah dengan mengetahui pasangan elektron (PE) yang dimiliki oleh atom-atom yang bergabung membentuk molekul.  Bentuk molekul yang terjadi akan menyesuaikan dengan jumlah pasangan elektron ikatan dan jumlah pasangan elektron bebas. Gambar ini menjelaskan hubungan hibridisasi dan bentuk molekul guys, silakan dicek ya.

Nah sekarang, kita harus bisa menentukan jumlah PE (pasangan elektron), jumlah PEI (pasangan elektron ikatan) dan jumlah PEB (pasangan elektron bebas). Untuk bisa menentukan jumlah pasangan elektron, kita dapat menggunakan formula ini nih guys!


Nah untuk memberikan gambaran kepada teman-teman, kita coba kerjakan contoh ini bersama-sama ya! Bila atom nitrogen memiliki nomor atom 7 dan atom hidrogen memiliki nomor atom 1 membentuk molekul NH3, tentukanlah hibridisasi dan bentuk molekulnya! Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari PE( jumlah pasangan elektron). Dalam molekul NH3, yang menjadi atom pusat adalah atom N dan atom terikat adalah atom H. Atom N yang memiliki nomor atom 7 memiliki elektron valensi 5. Dalam NH3, jumlah PEI (pasangan elektron ikatan) ada 3, berasal dari ikatan N-H. NH3 tidak memiliki muatan, sehingga setelah diformulasikan dalam formula PE, akan didapat PE dalam NH3 = 4. Sehingga molekul NH3 memiliki hibridisasi sp3 dengan jumlah PEB = 1. Rumusan molekul yang dimiliki oleh NH3 adalah AX3E dan bentuk molekulnya adalah piramida segitiga. Mudah kan? Selamat belajar guys!

No comments: