FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Monday, October 24, 2016

Melepas Bumper Peugeot 306 dan Memeriksa Kipas Blower Peugeot 306


Berawal dari kecintaan dan kepuasan ketika mengerjakan sesuatu dengan apik, maka saya memberanikan diri untuk membuka bagian bumper mobil peugeot 306 kesayangan keluarga. Awalnya ketika istri cantik yang menyayangi saya sedang berkendara dengan leon (panggilan keluarga kami untuk peugeot 306 yang nongkrong di garage) mendengar suara ngek-ngek-ngek (e bersuara sama dengan suara e saat kita mengucapkan nama negara Peru). Suara ngek-ngek-ngek itu ternyata dihasilkan dari gesekan kipas blower leon. Kipas blower leon kendor ternyata pemirsa. Aduh sedih deh kalau udah kaya gini, artinya leon harus menjalani perawatan dulu.

Bismillah, akhirnya saya memutuskan untuk memperbaiki kipas blower itu dengan cara DIM (do it by myself) hahaha. Langkah-langkah yang saya kerjakan adalah:

  1. melepas kutub negatif accu
  2. Hal ini saya lakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti korsleting atau rusaknya perangkat elektronik pada peugeot 306.
  3. melepas dua roda depan
  4. menahan bagian depan mobil dengan jack-stand
  5. melepas penampung air wiper yang ada di sisi kanan bawah mobil
  6. melepas bumper
  7. Ketika melepas bumper yang saya lakukan adalah mengendorkan baut penahan bumper, yang ada di sisi kiri kanan dan melepas baut penahan bumper yang ada di bagian depan kiri dan kanan.
  8. melepas kipas blower dengan arah putaran melepas clock-wise dan arah putaran mengencangkan anti clock-wise.
  9. clock-wise artinya searah putaran jarum jam atau ke kanan, anti clock-wise sebaliknya.

Nah setelah itu kita bisa deh mengencangkan kipas blower yang kendor atau memeriksa keadaan motor (dinamo blower). Selain itu, kalau teman-teman mau sekalian menguras air radiator juga bisa. Ngomong-ngomong ternyata kipas blower peugeot 306 pada mobil saya masih original buatan France, baut kipas blowernya tepat berada di tengah sumbu putar dinamo. Sumbu putarnya sekaligus memiliki dudukan untuk kipas blowernya. Seperti gambar ini:

Teman-teman yang suka melakukan DIY atau DIM tidak perlu takut-takut, apalagi kalau teman-teman memang suka dan memiliki alat-alat yang memadai serta waktu luang dan ruang kerja yang memadai. Selamat mencoba ya teman-teman pemilik Peugeot 306.

No comments: