FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Friday, November 25, 2016

3 Jurus Jitu Taklukkan SBMPTN 2018

Pingin menimba ilmu di PTN favorit? Ini engga mudah. Kenapa? Karena ya... ga usah pakai alasan. Oke? Tanpa keringat, air mata, dan ijin dari Sang Pencipta kalian gak bakal bisa nembus sengitnya seleksi masuk PTN favorit. Nah guys sebagai motivator yang belum handal dan tidak tersertifikasi, saya memberanikan diri untuk memberikan cara-cara atau kiat-kiat agar kalian bisa lolos seleksi masuk PTN favorit, ini dia cara-cara yang saya usulkan,

  1. Bikin poster kamu yang sekeren mungkin dan gantung di dinding kamar kamu.
  2. Teknik ini disebut teknik penegasan diri, bahwa bagi kamu ga ada lagi tempat kuliah selain PTN favorit yang kamu inginkan. Poster yang kalian tempel bisa pose kalian memakai kostum engineer, ilmuwan yang sedang di laboratorium, di kokpit pesawat, atau di depan latar konstruksi yang kalian embeed dengan logo PTN pilihan kalian. Hal ini dimaksudkan agar kamu ingat untuk menjadi orang yang ada di poster kamu itu engga mudah. Kamu butuh usaha keras mengalahkan ego-ego mu detik demi detik.
  3. Sering-sering ngobrol sama Allah.
  4. Ini dilakukan agar kamu punya alasan kenapa kamu ngotot ke PTN favorit kamu itu, kenapa kamu ngotot memilih jurusan itu. Yakin deh kamu butuh ijin Allah untuk meraih itu.
  5. Mempersiapkan kemampuan nalar, kemampuan membaca dan kemampuan akademik dengan baik.
  6. Diperkirakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri tahun 2017 nanti terdiri dari dua tahapan tes, yaitu tes kemampuan logika dasar dan tes kemampuan akademik ipa.
    1. Soal yang ada dalam kemampuan logika
    2. Meliputi soal-soal yang berhubungan dengan kemampuan linguistik Indonesia dan Inggris, kemampuan membaca dan menafsirkan kalimat, kemampuan menghitung dasar, kemampuan menemukan pola dalam barisan angka dan gambar, serta kemampuan logika matematika.
    3. Soal yang ada dalam kemampuan ipa
    4. Meliputi soal matematika ipa, fisika, kimia, dan biologi.





Soal kemampuan logika sebetulnya soal yang familiar untuk kita, kenapa dibilang familiar? Karena kemampuan logika ini sudah ada sejak manusia lahir, kemampuan logika inilah nanti yang akan mengantar seseorang untuk dapat menjadi specialist anuk atau anuk. Nah sebaiknya adik-adik culun, eh lucu dan imut yang ingin masuk ke PTN favoritnya mulai membiasakan diri duel dengan soal-soal logika! Setuju kan? Sementara itu, untuk kemampuan ipa, adik-adik harus punya strategi untuk menaklukkannya. Mulailah dengan mengerjakan soal biologi terlebih dahulu, kemudian setelah selesai dengan biologi baru kimia, kimia selesai ke fisika dan baru kemudian matematika ipa. Di sini kalian tidak perlu memaksakan diri untuk menjawab semua soal yang ditayangkan di lembar soal, kalian pasti ada beberapa teori yang lemah, ambil saja teori-teori yang kuat kalian kuasai dan mafaatkan semaksimal dalam ujian nanti.

Milikilah tekad yang kuat untuk dapat meraih impian masuk ke PTN favorit pilihan. Di Indonesia ini, kalian punya tiga kali kesempatan untuk unjuk juang mengikuti seleksi tertulis nasional masuk perguruan tinggi. Mungkin itu saja tips dari saya, semoga kalian semua adik-adikku semakin semangat, semakin kuat menata langkah meraih masa depan. Aamiin.

No comments: