FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Thursday, June 30, 2016

Dimmer, Flasher, Relay Ninja RR


Lampu sign motorku (lampu yang dinyalakan saat mau belok) kemarin semuanya padam. Padamnya lampu sign ini menimbulkan kecurigaan kalau assy relay sudah rusak. Ya udah deh, kemarin pagi menyempatkan diri mampir di toko part langganan. Setelah bercakap-cakap sebentar, akhirnya uang Rp. 85.000,- keluar dari dompet. Udah deh dibawa, karena niatnya mau dipasang sendiri.

Singkat cerita, akhirnya vhisncrow sampai di rumah. Setelah beristirahat sebentar, acara memasang assy realy pun dimulai, dimulai dengan membuka part body Ninja RR sisi kiri bagian tengah dan buritan. Peralatan yang digunakan untuk membuka body Ninja RR New adalah kunci L hexagonal. Setelah terbuka, kita ambil assy relay yang terletak di box accumulator, menempel pada tempelan assy relay di box accumulator, oh iya sebelum melepas assy relay silakan dilepas dulu kutub negatif accumulator (untuk berjaga-jaga korsleting), setelah dilepas, kita ganti assy relay dan kita coba nyalakan lampu sign. Dan, ta da, lampu sign berkedip-kedip tanda sudah normal kembali.

O iya temen-temen, kalau misalnya Ninja RR nya memakai lampu sign depan yang type custom (biasanya bentuk segitiga, dan menggunakan lampu LED), maka assy relay original tidak plug and play lagi (pasang dan langsung bekerja dengan baik). Jadi kalau kita menggunakan assy relay yang OEM, maka lampu sign tetap menyala, tapi tidak akan berkedip-kedip, jadi nyala terus, HaHaHa... lucu ya. Nah kalau sudah begini kita punya tiga pilihan. Pilihan pertama, tetap memakai assy relay OEM dan lampu sign depan LED, pilihan kedua tetap memakai assy relay OEM, dan memasang lagi lampu sign yang OEM juga. Dan pilihan ketiga, menggunakan assy relay khusus lampu sign yang menggunakan LED.

Kalau mau memakai assy relay OEM dengan lampu sign LED, yang harus dilakukan adalah memberi beban tambahan pada dua lampu sign depan. Cara menambahkan beban pada lampu sign depan adalah dengan cara menghubungkan kabel positif lampu sign kiri kanan depan ke bohlam lampu sign OEM nya, nah bohlam ini bisa disimpan di fairing bagian dalam. Agar aman, maka bungkuslas agar tidak terkena air dan debu, serta aman dari korsleting.

Kalau mau memakai assy relay OEM dan lampu sign OEM ini mudah. Yang perlu kita lakukan adalah mengganti unit lampu sign LED dengan lampu sign OEM. Walau pun gampang, kita tetap harus apik dalam mengerjakannya. Kita harus membuka fairing depan Ninja RR kita. Alat yang dibutuhkan untuk membuka fairing depan Ninja RR adalah kunci L hexagonal, dan alat yang cocok untuk membuka quick rivet yang terpasang di unit fairing bagian dalam. Membuka fairing dengan cara asal-asalan dapat merusak bagian-bagian fairing dan ini sangat disayangkan. Setelah fairing terbuka, kita tinggal mengganti lampu sign LED dengan OEM, memasang kembali fairing dan selesai.

Kalau mau memakai lampu LED, tapi ga mau ribet mengutak-atik tambahan beban, kita bisa membeli assy relay yang sudah support untuk lampu sign LED. Assy relay ini dapat dibeli di toko kelengkapan motor yang terdekat dengan tempat tinggal sobat vhisncrow.

Glossarium

  1. Assy relay
  2. perangkat elektronik yang terdiri dari bagian elektromagnetik dan mekanik (saklar), digunakan untuk memanipulasi (memainkan) aliran arus listrik pada suatu rangkaian elektronik.
  3. Plug and Play
  4. artinya setelah dipasang langsung dapat bekerja tanpa upaya tambahan.
  5. Kunci L hexagonal
  6. alat perbengkelan dari logam berbentuk seperti huruf L, dan bentuk badannya segi enam, biasanya digunakan untuk membuka bolt (baut).
  7. accumulator
  8. dikenal sebagai aki.
  9. LED, light emitting diode
  10. Lampu monokromatis yang dihasilkan dari semikonduktor (diode) yang dialiri arus maju.
  11. OEM, original equipment Manufacturer
  12. Merujuk pada perangkat yang sudah dipasang oleh pihak pabrik pada unit kendaraan yang diproduksinya.
  13. Fairing
  14. Bagian penutup pada jenis motor sport, berguna untuk melindungi mesin dari debu, air, dan ikut berperan menambah nilai aerodinamika motor.

No comments: