FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Saturday, June 25, 2016

Istilah-Istilah dalam MotoGP


Sahabat vhisncrow, inilah dia istilah-istilah MotoGP yang sering kita dengar ketika sedang menonton MotoGP melalui siaran TV, Cek ya teman-teman.

  1. Apex
  2. Adalah titik masuk paling baik di tikungan yang dilalui oleh pembalap untuk melibas tikungan dan segera keluar tikungan dengan akselerasi terbaik.
  3. Braking Marker)
  4. Adalah titik yang ditandai oleh pembalap untuk memulai pengereman sesaat sebelum masuk tikungan, biasanya berupa batang pohon, papan reklame, tanda di lintasan atau mungkin tanda lain yang dikhususkan.
  5. Chicane
  6. Bagian lintasan yang memiliki 2 tikungan berturut-turut dengan arah tikungan yang berlawanan arah, misal tikungan ke kiri yang langsung diikuti tikungan ke kanan. Chicane tampak seperti huruf ‘S’ dari sudut pandang burung yang sedang terbang.
  7. Compounds
  8. Adalah jenis karet pada ban atau komposisi karet pada ban.
  9. Curbs / Rumble Strips
  10. Kebanyakan dicat dengan 2 warna berselang-seling dan mencolok. Curbs berada di tepi lintasan, ada yang ditemukan setelah tikungan. Curbs berfungsi menunjukkan tepian lintasan dan membantu pembalap agar tetap berada di lintasan.
  11. Displacement
  12. Adalah kapasitas atau ukuran mesin motor. Biasa dinyatakan dalam satuan centimeter kubik (cc), missal 1000cc, 600cc atau 250cc.
  13. Dry Race
  14. Balapan pada lintasan yang dinyatakan kering oleh pengarah balapan. Kebalikan Dry Race adalah Wet Race. Pada balap Dry Race, tim akan menggunakan ban slick (gundul / tanpa ukiran pada permukaan ban). Untuk lebih jelas, perhatikan bagian Key Rules.
  15. Dorna
  16. Adalah perusahaan yang ditunjuk untuk melakasanakan balap MotoGP™.
  17. Dirt tracking
  18. beberapa tahun terakhir, banyak pembalap MotoGP™ dari USA, termasuk juara dunia 2006 memiliki latar belakang sebagai pembalap pada kejuaraan Dirt tracking. Pada dirt tracking, balapan dilakukan di atas lintasan tak beraspal. Saat ini, sudah banyak pembalap Eropa yang berlatih pada Dirt tracking.
  19. Endo
  20. Adalah sebuah teknik berhenti mendadak untuk mengangkat ban belakang motor. Endo adalah kebalikan wheelie, endo sering juga disebut stoppie.
  21. Esses
  22. Merupakan istilah harian, merujuk pada chicane, yang memiliki bentuk ‘S’.
  23. Fairing
  24. Adalah body terluar pada motor balap yang dimaksudkan untuk melindungi bagian mesin dan pembalap dari puing-puing yang beterbangan saat terjadi kecelakaan dan hembusan angin yang kencang. Fairing dihias dengan logo tim, sponsor dan nomor pembalap.
  25. FIM
  26. Singkatan dari Fédération Internationale de Motorcyclisme, badan dunia yang membawahi semua olahraga motor di dunia.
  27. Gas
  28. Maksudnya adalah akselerasi, sering diucapkan oleh pembalap ‘I opened the gas’, atau ‘I gave it some gas’.
  29. GP (Grand Prix)
  30. Adalah acara balap yang berakhir 3 hari, termasuk di dalamnya adalah kelas-kelas moto GP yaitu: MotoGP™, Moto2™ and Moto3™.
  31. Grid
  32. Adalah perolehan posisi start yang didapat oleh pembalap pada sesi kualifikasi.
  33. Hairpin
  34. Tikungan yang sangat tajam, menuntut pembalap untuk menikung dengan pelan, biasanya berbentuk U atau V.
  35. High Side
  36. Jatuhnya pembalap karena roda belakang motor selip, pada intinya, pembalap sudah berada pada racing line yang benar, dan pembalap berusaha mendapat cengkraman ban, namun motor terpelanting dan pembalap jatuh di atas motornya.
  37. Hole-shot
  38. Maksudnya pembalap merebut posisi memimpin balapan pada tikungan pertama.
  39. Homologation
  40. adalah pengesahan lintasan dan motor yang digunakan pada balap MotoGP™. Dilakukan oleh FIM
  41. IRTA
  42. Adalah International Road-Racing Teams Association. IRTA mewakili semua tim Grand Prix.
  43. Low Side
  44. Jatuhnya pembalap yang disebabkan hilangnya cengkraman ban depan atau belakang atau sekaligus 2 ban, sehingga torsi motor tidak terkendali dan motor mengalami slip.
  45. Lean angle
  46. Menunjukkan kemiringan motor saat pembalap memiringkan motornya di tikungan pada kecepatan tinggi. Lutut dan siku pembalap kadang bisa menyentuh lintasan pada lean angle maksimum.
  47. Left-hander
  48. Posisi pembalap yang mengarahkan sisi motor dan badannya ke arah belokan yang akan diambil. Kalau mau belok kanan disebut Right-hander. Misal mau belok ke kiri, pembalap akan memiringkan motor dan badannya ke arah kiri sedekat mungkin dengan permukaan lintasan.
  49. MSMA
  50. Singkatan dari Motorcycle Sports Manufacturers’ Association. Merupakan perkumpulan tim yang membangun motor-motor balap.
  51. OnBoard
  52. OnBoard ini sebenarnya kamera TV yang dipasang di motor balap. Berperan untuk memberi informasi mengenai aksi-aski yang terjadi di lintasan. Biasa disingkat dengan OB.
  53. Parc Ferme
  54. Area pit lane yang diset khusus untuk peraih podium (juara 1, 2 dan 3) untuk setiap kategori lomba balap MotoGP, dan mereka akan diwawancarai oleh kru TV sesaat setelah mereka selesai balapan.
  55. Paddock
  56. Daerah di belakang pit-boxes, merupakan tempat tim dan pembalap menyimpan perlengkapan dan peralatan balap selama Grand Prix berlangsung
  57. Pit-box
  58. Garasi yang langsung keluar menuju pit lane, dirancang untuk setiap tim yang ikut serta pada salah satu dari tiga kejuaraan balap tingkat dunia
  59. Pit Crew
  60. Sebutan untuk manajemen tim, mekanik dan semua asisten.
  61. Pit lane
  62. Jalan yang berdekatan dengan lintasan balap, menuju lintasan balap, penghubung antara pit-boxes dengan sirkuit.
  63. Pole position
  64. Artinya pembalap meraih grid pertama di garis start, karena membukukan waktu terbaik di sesi kualifikasi.
  65. Qualifying
  66. Pada hari sebelum balapan, semua pembalap dari tiga kelas MotoGP™, Moto2™ and Moto3™ harus melakukan kualifikasi. Pembalap dengan waktu kualifikasi tercepat menempati posisi pertama, dan seterusnya.
  67. Race Direction
  68. Ditunjuk oleh Dorna, FIM dan IRTA, bertugas untuk menentukan kondisi balap, apakah balap dry-race atau wet-race.
  69. Ride Through
  70. Ride Through itu hukuman yang diberi ke pembalap agar memulai balapan dari pit lane, karena misalnya pembalap melakukan jump-start (curi start) sebelum balap resmi dimulai.
  71. Rookie
  72. Adalah pembalap yang sudah jago atau lihai pada tahun pertama dia bergabung di kelas apa pun yang ada di balap
  73. Rostrum
  74. Nama lain untuk podium.
  75. Scrutineering
  76. Merupakan ketentuan untuk memeriksa seluruh peserta balap
  77. Slipstream
  78. Artinya mengikuti pembalap di depan dan mengambil keuntungan aliran udara dari depan untuk, sambil mempersiapkan momentum untuk merebut posisi pembalap di depan pada saat pembalap di depan kehilangan fokus.
  79. Slicks
  80. Ban tanpa ukiran (tapak) atau ban gundul. Terbuat dari compound yang ringan, ban ini cukup memeberikan grip tanpa harus mengurangi laju motor.
  81. Swingarm
  82. Bagian belakang motor, tempat roda belakang dipasang. Swingarm bergerak naik turun bersama-sama dengan suspensi belakang.
  83. Topping the timesheet
  84. Artinya pembalap membukukan waktu tercepat pada sesi latihan atau pun kualifikasi.
  85. Tyre wall
  86. Kumpulan ban yang ditumpuk untuk penghalang tabrakan, yang tujuannya mengurangi kerusakan dan cidera akibat kecelakaan.
  87. Wet Race
  88. Balap pada lintasan basah.
  89. Wheelie
  90. Unjuk ketangkasan yang dilakukan oleh pembalap dengan mengangkat roda depan motornya. Hal ini bisa terjadi karena akselerasi besar yang diikuti pelepasan kopling yang sangat cepat.
  91. Wild cards
  92. Yaitu pembalap (bukan pembalap resmi yang sudah terdaftar di even balap yang sedang diselenggarakan) namun diperbolehkan turut serta dalam satu sesi balap, melawan peserta balap yang terdaftar dalam tim resmi peserta even balap.

Wah parah nih, jumlah istilahnya ada 46 istilah. Maksudnya apa ya? Wakakakak, ga ikutan ah

No comments: