FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Saturday, June 25, 2016

Valentino Rossi Juarai MotoGP Seri Motul TT Assen Belanda, Sebuah Prediksi.


Sirkuit Assen merupakan sirkuit yang termasuk sirkuit yang tertua di bumi ini, sehingga dijuluki katedral (gile banget kan, seakan-akan sirkuit Assen menjadi pusat ritual balapan... joss, kalau ga balapan di sini rasanya gimana gitu kali ya). Pertama kali digunakan untuk balapan pada tahun 1925. nah kalau nama resmi dari sirkuit Assen yang sekarang adalah sirkuit Motul TT (TT adalah singkatan dari Tourist Trophy). Sirkuit Assen sudah mengalami beberapa renovasi di sana-sini. Saat ini track Assen memiliki total lintasan sepanjang 4,555 km. Sirkuit ini banyak track lurus (cepat) nya. Track lurus terpanjangnya adalah 560 meter. Sirkuit sakral ini dapat menampung 300 ribu.

Nah, gimana nih prediksi juara di GP Belanda 26 Juni 2016 ini? Wah seru juga ya kalau bahas prediksi-prediksian, kita akan berubah jadi sosok dukun, wkwkwkwkwkwk. Tapi kita jadi dukun-dukunan berdasar data sirkuit, data motor dan data pembalap. Sirkuit Assen yang didominasi track lurus (cepat) akan menguntungkan pembalap berskill dewa dengan motor yang top speednya OKE alias okeh.

Marc Marquez pada 9 Mei 2016 mengakui bahwa akselerasi Honda RC213V masih kalah di bawah Suzuki GSX RR punya nya Maverick Vinales, di awal musim 2016, MM93 mengatakan bahwa RC213V mengalami penurunan top speed 7-8 kilimeter/jam dibanding musim sebelumnya, 2015. Sedih ya, hiks hiks. Bayangkan kalau baby alien naik motor yang kurang menghentak dan top speednya kurang di katedral ini, bisa-bisa dia dilibas oleh rider-rider Ducati kan? Pada tahun 2015, Ianone dengan tunggangan Ducati Desmosedici membukukan top speed di kisaran 335,9 kilometer/jam, dan VR46, The Doctor di kisaran 323,7 kilometer/jam.

Sementara itu Valentino Rossi, VR46 berharap di musim 2016 ini, Yamaha mampu menambah lagi pencapaian top speednya, widih... beneran nih speed eater. Secara tersirat, berarti dewa balap seperti VR46 tidak ada masalah akselerasi pada Yamaha YZR-M1 nya. hehehe. Sebagai teman satu timnya, mungkin JL99 memiliki penilaian yang sama dengan VR46. Kalau ditilik dari jejak-jejak penakluk sirkuit ini, VR46 memiliki poin psikologis di sirkuit ini. Nah loh gimana?

Dari hasil FP (free practice), VR46 bilang dia cukup puas dengan kinerja motor dan timnya, dia memilih frame yang standard untuk berlaga di Sirkuit Assen, VR46 berselisih waktu 0,004 sekon (detik) dari Ianone. Dari pendapat VR46, ternyata benar motor dengan topspeed tinggi akan banyak membantu pembalap untuk menaklukkan sirkuit ini. Hasil kualifikasi beneran menunjukkan bahwa pembalap dengan skill dewa dan motor dengan topspeed yang bagus akan mampu berbuat banyak di sirkuit ini. Hasil kualifikasi menunjukkan bahwa front row diraih oleh Ducati dan Yamaha. Kalau semua berjalan normal, bisa dikatakan VR46 memiliki kans yang besar untuk menjuarai GP Motul TT Assen di tahun 2016 ini. Hasil kualifikasinya OK, Motornya OK, Keuntungan psikologis VR46 juga OK disini. Tinggal menunggu jawaban Tuhan Yang Maha Esa aja nih guys.

Tapi tetep kok guys, siapa pun juara MotoGP seri Assen Motul TT 2016 ini, kalau sudah ada pembalap idola di hati, mau menang atau kalah di arena  balap nanti, dia lah juaranya. Selamat menikmati perhelatan GP 2016 ya guys. thank you banget sudah mampir dan baca-baca.

No comments: