FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Thursday, December 1, 2016

Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Produk (Ksp)


Kelarutan adalah jumlah mol zat terbanyak dari suatu zat yang dapat dilarutkan dalam 1 liter larutannya. Kelarutan memiliki simbol huruf s kecil. Huruf s diambil dari kata Inggris, solubility. Kelarutan dimiliki oleh garam-garam yang sukar larut dalam larutannya, jadi kalau garam yang mudah larut, tidak usah dibahas nilai s nya, karena nilai s nya besar.

Satuan kelarutan zat sama dengan satuan molaritas, yaitu mol per liter, atau molar. Zat yang sukar larut tapi masih dapat terlarut berarti masih berada dalam keadaan belum jenuh. Zat yang tepat membentuk endapan ketika terus ditambahkan pelahan-lahan berarti sudah mencapai keadaan tepat jenuh, dan zat yang sudah tidak dapat larut lagi ketika dilarutkan berarti sudah mencapai keadaan lewat jenuh. Zat-zat yang sukar larut akan memiliki nilai Ksp.

Ksp merupakan singkatan dari konstanta hasil kali produk kelarutan suatu zat yang sukar larut. Suatu zat yang sukar larut pasti akan memiliki kelarutan maksimal pada keadaan tepat jenuh, kita ambil gambaran seperti ini:
AxBy ⇌ xAy+ + yBx-
Maka Ksp akan memiliki rumus:
Ksp= [Ay+]x.[Bx-]y

Hal-hal yang perlu kalian pahami mengenai kelarutan dan Ksp adalah:

  1. Semakin besar nilai s artinya garam semakin mudah larut.
  2. Kelarutan zat akan bertambah sedikit bila zat tersebut dilarutkan ke dalam larutan yang memiliki ion terlarut yang sama.

Nah itu dia pelajaran singkat bersama wisnu|guntoro mengenai kelarutan dan Ksp, semoga kalian tambah penasaran dan tambah semangat untuk meraih cita-cita kalian yang setinggi bintang-gemintang di angkasa

No comments: