FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Friday, December 2, 2016

Mengenal Lebih Dekat Sumber Energi di Bumi


Yuk kita berkenalan dengan sumber energi di dunia. Sumber energi yang sudah kita kenal di dunia adalah matahari dan aktivitas radio aktif dalam inti bumi. Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tapi energi selalu berubah bentuk, misal angin, angin yang bertiup dapat menggerakkan kincir angin, kincir angin yang bergerak akan memunculkan listrik, dan seterusnya dan seterusnya. Ini dia sumber energi yang membuat hidup kita di dunia nyaman banget!

  1. Bahan Bakar Fosil
  2. Adalah bahan bakar yang berasal dari fosil tumbuhan dan hewan yang sudah tertimbun jutaan tahun dalam tanah. Bahan bakar fosil yang sudah banyak digunakan dalam kehidupan manusia adalah minyak, batu bara dan gas. Bahan bakar fosil merupakan sumber energi yang tidak terbarukan, tidak terbarukan itu maksudnya butuh waktu yang sangat lama untuk menemukannya lagi. Jadi jangan boros ya, mau emang nungguin waktu produksi bahan bakar fosil selama jutaan tahun? Nah loh. Oh iya bahan bakar fosil yang dibakar akan menghasilkan sampah-sampah yang sering disebut dengan polutan atau pencemar. Polutan-polutan ini dapat merusak kehidupan air, tanah dan udara.
  3. Energi Nuklir
  4. Ini keren banget, karena energi yang keluar dari reaksi fisi uranium dapat digunakan untuk menghasilkan uap panas yang sanggup memutar turbin pembangkit tenaga listrik. Tau ga sih kalau 1 kilogram uranium dapat menghasilkan energi yang setara dengan energi yang dihasilkan oleh 3 juta liter bensin. what an amazing present from Allah. Namun demikian, kita harus hati-hati banget kalau menggunakan reaksi fisi nuklir sebagai sumber energi, karena sampah yang dihasilkan dari aktivitas fisi nuklir adalah sampah radioaktif, sampah ini masih terus aktif dalam jangka waktu yang lama. Nah terus kenapa ya kalau masih aktif dalam jangka waktu lama? Kalau masih aktif, dikhawatirkan dapat mengganggu stabilitas kehidupan di sekitarnya, radiasi-radiasi radio aktif merupakan radiasi partikel inti yang sangat aktif, yang dapat mempengaruhi keadaan sel makhluk hidup. Nah oleh karenanya, pengolahan sampah nuklir harus serius banget, ga boleh bocor, ga boleh kena goncangan gempa dan harus jauh dari habitat kehidupan. Mungkin alasan keamanan itulah, belum banyak bangsa-bangsa yang menggunakan energi nuklir sebagai bahan bakar.
  5. Tenaga Air
  6. Air yang mengalir deras dapat juga dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan energi listrik. Air juga ramah lingkungan, tapi pembangunan dam-dam untuk membendung air juga bisa mengganggu habitat kehidupan air, terutama kehidupan ikan.
  7. Sumber Energi Alternatif
  8. Sumber energi alternatif ini banyak loh, ada energi matahari, energi angin, energi panas bumi, dan energi pasang surut air laut. Waw asik ya. Jadi ngayal pingin jadi avatar penguasa unsur angin, terus mengendalikan angin, menggerakkan turbin, menghasilkan strum listrik lalu strum kamu, hahahahaha, jahat ya?
  9. Energi Matahari
  10. Untuk bisa memanfaatkan energi panas matahari, kita perlu memasang alat fotovoltalizer, alat inilah yang dapat mengubah panas matahari menjadi listrik.
  11. Energi Panas Bumi
  12. Kalau kita punya mobil yang bisa menembus bumi, maka kita akan semakin merasa panas ketika semakin dalam menembus bumi. Kok bisa ya? Karena dalam perut bumi terjadi peluruhan berbagai macam radioisotop yang menghasilkan panas yang cukup untuk membuat batu-batuan menjadi bubur panas alias magma. Kalau daerah kita dekat dengan magma, maka kita bisa membangun saluran geotermal untuk memperoleh uap air yang cukup mumpuni untuk menggerakkan turbin.
  13. Energi Tidal Air Laut
  14. Hihihi lucu ya namanya tidal. Mau tau tidal itu apa? Tidal adalah selisih gelombang laut tertinggi dan gelombang laut terendah yang mendera suatu daerah pantai. Ternyata gelombang pasang surut pantai ini dapat digunakan untuk menghasilkan listik. Waw tambah keren aja nih bahasan mengenai energi.
  15. Energi Angin
  16. Jelas banget kalau ini ya, kecepatan angin dapat memutar turbin sehingga dapat menghantarkan listrik.

Oh iya, ternyata selain bermanfaat untuk menjadi sumber energi, bahan bakar fossil juga bermanfaat dalam industri polimer seperti plastik. JAdi alangkah bijaksananya apabila kita melakukan upaya penghematan energi. Bagaimana cara penghematan energi ini? Cara yang dapat kita lakukan untuk menghemat energi adalah dengan cara antara lain:

  1. Mematikan lampu ketika tidak digunakan
  2. Melakukan upaya daur ulang
  3. Memperhatikan jendela kapan harus dibuka dan ditutup sehingga suhu ruangan tetap nyaman tanpa penggunaan AC
Semoga tulisan ini dapat membawa semangat belajar yang baru dan menyala-nyala!

No comments: