FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Thursday, July 28, 2016

Konsentrasi Larutan


Hai Guys...

mungkin sekarang kalian ada yang sedang belajar tentang konsentrasi larutan. Secara umum ada jenis konsentrasi larutan yang kudu kalian ketahui. Keempat satuan konsentrasi itu adalah persen berat, fraksi mol, molaritas dan molalitas.

  1. Persen massa
  2. persen massa ini biasanya membahas kadar zat terlarut yang ada dalam larutan. dalam bahasa matematika, persen massa ditulis seperti ini

    Nih contoh soalnya guys!

    Larutan urea terbuat dari 15 gram urea yang dilarutkan dalam 60 mililiter air, nah berapakah persen massa urea dalam larutan?

    jawab

  3. Fraksi mol
  4. Fraksi mol ini biasanya menyatakan perbandingan antara mol zat terlarut dengan mol zat pelarut. Jumlah fraksi mol zat terlarut dan pelarut pasti sama dengan 1. Lambang fraksi mol biasanya huruf x kapital (X).

    nih contoh soal fraksi mol genk!

    Apabila urea seberat 15 gram dicampurkan ke dalam 90 gram air, hitunglah fraksi mol urea dan air! (Ingat massa molekul relatif urea adalah 60 gram/mol dan massa molekul air adalah 18 gram/mol).

    jawab

  5. Molaritas
  6. Molaritas adalah istilah untuk perbandingan antara mol zat terlarut dengan liter larutan-nya. Kalau kalian paham banget bahasa ini, pasti kamu bisa mencari molaritas zat.

    contoh soalnya nih sob!

    coba tentukan molaritas 500 mL larutan NaOH (Mr = 40) yang mengandung NaOH terlarut sebanyak 8 gram!

    jawab

  7. molalitas
  8. sama dengan molaritas, bedanya molalitas adalah perbandingan antara mol zat terlarut dengan kilogram pelarutnya. pasti kalian kepo banget, "rumusnya gimana?" Iya kan? Nih dia rumusnya guys,

    contoh soalnya ini nih guys!

    coba kalian hitung molalitas larutan urea yang mengandung zat terlarut urea sebanyak 7,5 gram dan zat pelarut air sebanyak 50 gram. Ingat massa molekul relatif urea adalah 60 gram/mol!

    jawab

No comments: