FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Tuesday, June 28, 2016

Tips Merawat Motor


Sepeda motor bagi kebanyakan orang Indonesia adalah alat transportasi yang sangat penting. Sepeda motor dengan bentuknya yang ramping, dan pengoperasiannya yang gampang tentu menjadi pertimbangan orang untuk memilikinya. Nah tidak heran dong ya kalau sepertinya hampir setiap hidung (eh maksud saya setiap orang), memiliki sepeda motor. Terus kalau sudah punya sepeda motor, sebaiknya kita bisa merawat sepeda motor kita dengan baik dong ya.

Merawat sepeda motor ini maksud saya tidak harus dilakukan sendiri, bisa kok menggunakan jasa pihak kedua. Apa aja sih perawatan sepeda motor menurut vhisncrow? Nah ini dia nih, Garis-Garis Besar Haluan Perawatan Sepeda Motor:

  1. Kebersihan Motor
  2. Wah kebersihan motor itu penting, terutama di bagian lampu, gir, rantai dan karburator (atau yang sekarang injeksi), saringan udara, ban. buset sebutin aja semua ya! Hahaha ... ya emang gitu sih sebenernya. Cara menjaga kebersihan motor bisa dengan dicuci sendiri, dibersihin sendiri part-partnya dengan cairan pembersih, penyemprot atau sikat. Ga ada waktu? ya udah minta tolong ke mang cuci motor ama mang bengkel, kalau perlu suruh tukang ojeg samping rumah yang pergi kalau emang sibuk, (sibuk banget sih doi).
  3. Kerenggangan rantai dan Kesehatan Mata Gir Set
  4. Jangan sampai rantai motor kita longgar banget, tar lepas, berabe deh. Mata gir yang sudah tajam, menunjukkan kalau gir udah lelah dan minta diistirahatkan.
  5. Perlampuan
  6. Periksa lampu-lampu, pastikan semua lampu dan lampu sign menyala dengan baik. Pada keadaan gelap, lampu merupakan perangkat keselamatan yang vital, baik untuk penerangan atau pun untuk signal keberadaan kita di mata pengendara lain.
  7. Pastikan rem depan dan belakang selalu dalam keadaan fit
  8. Rem blong bisa bikin kecolongan keselamatan.
  9. Shockbreaker
  10. Perangkat mentul-mentul ini bukan hiasan, pastikan shock bekerja dengan baik. Goncangan yang tidak teredam bisa membahayakan keselamatan penunggang kendaraan.
  11. Per-oli-an
  12. Jangan sepelekan bagian ini, oli bertugas melumasi dan mendinginkan mesin yang sibuk bekerja. Bisa-bisa mesin ancur kalau pelumasan tidak ada.

Nah itu lah Garis-Garis Besar Haluan Perawatan Motor ala vhisncrow. Semoga bermanfaat dan dapat diperhatikan dengan sebaik-baiknya, demi keselamatan bersama. Selalu taati tata tertib berkendara, dan jadilah pelopor keselamatan di jalan raya. Salam satu aspal. Dag!!!

No comments: