FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Sunday, December 4, 2016

Merawat Gigi dan Gusi

Mulai Sayangi Gigi Sekarang!

Menjaga kesehatan gigi dan gusi itu penting sekali. Gigi bermanfaat untuk mengunyah makanan, membantu mengucapkan kata-kata, dan memberikan bentuk wajah. Gusi berfungsi untuk menahan gigi agar berada pada tempatnya. Gigi dan gusi yang tidak dirawat baik akan mengalami permasalahan. Perawatan gigi dimaksudkan agar gigi tidak mengalami kerusakan hingga tanggal atau lepas.





Kerusakan gigi berawal dari terbentuknya plak. Plak adalah lapisan tipis, lembut, tidak berwarna dan mengandung bakteri yang ditemukan pada permukaan gigi. Bakteri pada mulut akan membuat nafas kita bau, bila bereaksi dengan gula akan membuat kondisi mulut menjadi asam dan mengakibatkan kerusakan gigi dan gusi. Apabila plak dibiarkan saja, lama kelamaan akan menjadi keras dan tebal dan disebut tartar.

Cara merawat gigi adalah dengan menyikat gigi dengan sikat dan benang. Menyikat gigi dengan sikat gigi tentu dilakukan dengan pasta gigi. Pasta gigi yang baik adalah yang tidak mengandung partikel amplas berlebih, dan mengandung fluorida yang berfungsi mencegah kerusakan gigi. Membersihkan gigi dengan benang khusus bertujuan untuk membersihkan kotoran gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Selain dengan menyikat gigi, langkah yang dapat kita lakukan untuk merawat gigi adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah gula dan tinggi kalsium. Dan jangan lupa untuk periksa gigi kita setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

1 comment:

Anonymous said...

memang benar sih, kita perlu merawat gigi sejak dini, dari pada kita menemui masalah pada gigi.
obat sakit gigi alami cepat sembuh