FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Tuesday, January 3, 2017

5 Cara Merawat Rem Cakram





Merawat rem cakram pada kendaraan roda dua yang belum menggunakan sensor ABS bisa dilakukan sendiri. Hari ini kebetulan lagi semangat maintain rem cakram vega r kesayangan saya lansiran Desember 2005. Berdasar pengamatan, ternyata merawat rem cakram konvensional (yang belum dilengkapi dengan sensor ABS itu paling tidak menitikberatkan pada:
  1. Kondisi penampung oli rem dot 3.
  2. Saat saya periksa kondisi penampung oli rem, saya terkejut. Saya menemukan ada partikel menyerupai karet di dalam penampung oli rem, tentu saja partikel menyerupai karet itu bercampur dengan oli rem. Ini sangat tidak baik pikir saya, karena partikel ini dapat menyumbat pembuluh oli dan akan berdampak buruk dalam sistem pengereman. Dampak buruk sistem pengereman tentu sangat potensial mendatangkan bahaya. Bisa jadi rem menjadi macet, dan tidak mencengkram.
  3. Kondisi selang oli.
  4. Kondisi selang oli tidak boleh retas, lapuk apalagi bocor, kalau selang oli bocor nanti pengereman tidak akan bekerja, akan lost, dan sangat fatal akibatnya. Tabrakan!
  5. Kondisi brake pads atau sering disebut sepatu atau kanvas rem.
  6. Buat temen-temen yang jarak tempuh motornya lumayan jauh dan melewati medan macet (stop and go situation), kalian harus benar-benar memperhatikan kondisi kanvas rem. Kanvas rem yang telat diganti akan mengakibatkan kerusakan permukaan piringan cakram, rusaknya piringan cakram akan membuat area cengkraman rem berkurang, kalau area cengkraman rem berkurang, ya otomatis pengereman berkurang juga dong, ngerem sih ngerem, tapi ga pakem dan marem (marem tuh puas, steady, mantap gitu loh).
  7. Kondisi piston rem.
  8. Piston rem atau sering disebut kepala babi ama orang-orang, harus dicek, kalau bisa sering dibersihkan. Kenapa dibersihkan? Agar lancar pergerakan push and reboundnya, untuk membersihkan piston rem atau kepala babi ini, kalian perlu bantuan tukang tambal ban kalau ga punya kompresor sendiri, dan tentunya kunci-kunci pembuka baut yang pas. Kalau ga punya alat-alatnya ya kalian harus order ke mekanik untuk melakukannya, kalau tidak diorder, prosedur pembersihan piston rem cakram bukanlah prosedur otomatis. Karena memang harus diikuti dengan biaya penggantian oli dot 3 (oli rem) juga sih. hehehehehe.
  9. Kebersihan bagian-bagian rem.
  10. Kalau bagian-bagian rem bersih, enak pas mau ngerjainnya, ngecek-ngecek, dan pasti dilihat juga akan beraura. Tidak perlu punya motor mahal untuk jadi perhatian orang, motor biasa yang terawat dan bersih juga bisa diperhatikan orang dan menghibur orang. Hanya orang agak anu aja yang kurang menyukai melihat hal-hal yang indah.
Kalau motor kamu Yamaha Vega R lama kaya punyaku, alat-alat yang dibutuhkan untuk merawat rem cakram depan adalah:
  • Kunci L hekasogonal, ukurannya lupa euy, kalau di paketnya sih yang paling besar.
  • Kunci shock ukuran 12.
  • Kompresor angin
  • Selang dan botol untuk membuang angin palsu yang tersisa dalam selang rem.

No comments: