FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Monday, January 2, 2017

Kenapa Pulau Jawa Menjadi Pulau Terpadat di Indonesia?

Apakah 5 Alasan ini Penyebabnya?

Kadang sering bertanya, "Kenapa sih penduduk Indonesia paling banyak ada di pulau Jawa?" Padahal kalau diperhatikan, Pulau Jawa ini bukan pulau yang paling luas, bukan pulau yang paling banyak sumber daya alamnya, bukan pulau yang paling banyak minyak atau emasnya. Lalu kenapa ya?
Mungkin ada beberapa jawaban yang mungkin nyrempet dan bisa sedikit mengobati kepenasaran mengenai fenomena ini.




  1. Dahulu pernah ada kerajaan besar di Pulau Jawa.
  2. Ya dahulu kan pernah ada kerajaan besar seperti Majapahit di Pulau Jawa. Sangat logis bila jumlah penduduk di Pulau Jawa menjadi yang terbanyak.
  3. Kedudukan Ibukota di Jakarta.
  4. Sejak tahun 1945 hingga sekarang, ibukota Indonesia ada di Jakarta yang terletak di Pulau Jawa. Sebagai ibukota, tentu Jakarta membutuhkan banyak tenaga manusia untuk bergerak. Ada yang menjadi presiden, pembantu presiden, ada yang menjadi anggota wakil rakyat, ada yang menjadi duta-duta bangsa, ada yang jadi ini, ada yang jadi itu, wah bejubel banget deh.
  5. Konon standard pendidikan di Indonesia masih belum tersebar merata.
  6. Lagi-lagi pulau Jawa menjadi pulau dengan standard pendidikan yang dikatakan paling baik. Nah tentu saja ini akan membuat anak-anak muda dari berbagai daerah di luar pulau Jawa berusaha sekuat tenaga dapat kuliah di pulau Jawa. Ya sudah pasti fenomena ini akan menjadikan pulau Jawa menjadi padat.
  7. Indonesia belum berniat menjadi negara tani.
  8. Mungkin saja hal ini bisa dijadikan alasan kenapa penduduk Indonesia terkonsentrasi di pulau Jawa. Bila Indonesia sudah berniat untuk menjadi negara maritim mungkin penduduk Indonesia akan tersebar merata.
  9. Bangsa Indonesia adalah bangsa dengan ikatan emosional yang tinggi.
  10. Mungkin saja karena ikatan emosional bangsa Indonesia tinggi, maka pemuda di Indonesia agak berat bila harus meninggalkan kampung halamannya dan pergi jauh ke pulau seberang. Para orang tua juga merasa lebih nyaman dan tenang bila berada dekat dengan anak cucunya.
Nah teman-teman, itulah mungkin yang membuat kepadatan penduduk Indonesia masih terpusat di pulau Jawa. Apakah perlu penduduk di Indonesia dibuat merata? Nah mungkin pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh para ahli yang sudah mengikhlaskan usia dan hidupnya untuk belajar dan melayani umat. Kalau kaum awam seperti saya tentu jauh dari pemahaman mengenai tata kelola negara.

No comments: