FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Tuesday, December 29, 2020

BAGAIMANA MEMPERPANJANG STNK MOTOR DARI LUAR KOTA

 Untuk sahabat subscriber yang bertanya, bagaimana memperpanjang STNK motor dari luar kota? Alhamdulillah saya bisa menjawabnya, karena saya menjalaninya. Jadi, untuk memperpanjang STNK kendaraan yang ikut pindah bersama kita, itu tidak sulit, penuhi dulu syaratnya, syaratnya adalah:

1. KTP Asli yang punya motor
2. STNK Asli 
3. BPKB Asli

Nah kalau ketiga syarat itu sudah ada, silakan menuju ke lokasi Samsat sesuai domisili sahabat, sampai di tujuan, minta petunjuk loket bantuan cek fisik kendaraan ada di mana, ikuti saja tata cara normalnya di situ, lebih baik sebelum berangkat ke Samsat, sahabat sudah mempersiapkan area nomor rangka dan nomor mesin kendaraan dengan baik, untuk mempermudah petugas gesek bekerja. Kalau pengalaman saya pribadi ketika melakukan bantuan cek fisik kendaraan untuk perpanjangan STNK atau pajak 5 tahunan, itu bebas biaya. Apabila bantuan cek fisik sudah selesai, kita akan mendapatkan format bantuan cek fisik resmi dari Samsat setempat, dan dapat kita gunakan untuk melakukan pembayaran pajak 5 tahunan ke samsat asal kendaraan kita. Format bantuan cek fisik ini masa berlakunya satu bulan, sangat cukup untuk kebutuhan keluar kota atau provinsi bahkan.

Nah setelah kita siap dengan dokumen pengurusan perpanjangan STNK atau pajak 5 tahunan ini kita tinggal pergi ke Samsat asal kendaraan kita, atau menguasakan ke sahabat atau saudara di kota asal kendaraan kita, kalau mau menguasakan ke sahabat atau saudara, kita perlu membuat Surat Kuasa, Surat Kuasa dibuat sesuai tujuannya, kalau mau pajak 5 tahunan ya disebut mengurus pajak 5 tahunan, kalau mau cabut berkas, ya disebut mengurus pencabutan berkas kendaraan bermotor. Kemudian siapkan dokumen ini :

1. KTP Asli yang punya motor + 2 lembar FC nya
2. STNK Asli  + 2 lembar FC nya
3. BPKB Asli + 2 lembar FC nya
4. Format Bantuan Cek Fisik + 2 lembar FC nya
5. Surat Kuasa

Setelah dokumen itu siap, segera dikirim ke alamat teman atau saudara yang kita mintai bantuan untuk membayar pajak 5 tahunan tadi, Insya'Allah sahabat atau saudara yang akan mewakili kita mengurus tidak akan kesulitan, dan bisa selesai dalam sehari, kita tinggal menunggu paketan balik yang isinya STNK baru, TNKB baru dan berkas kendaraan BPKB asli, KTP asli. 

Demikian blog ini saya buat, semoga membantu saudara yang membutuhkan informasi ini. 


No comments: