Memiliki mobil pribadi pasti menyenangkan. Ketika ada agenda bepergian, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk berangkat. Saat ini leasing-leasing kendaraan pun wah bukan main keberadaannya, banyak, hahahaha. So buat para sobat setia vhisncrow yang mau mengambil unit baru mobil tidak perlu pusing-pusing lagi untuk mengambilnya dengan skema kredit, (pas ngambil ga pusing, giliran bayar paling pusing sedikit). Tapi kalau dirasa gak butuh-butuh amat mobil sih mending ga usah beli mobil, siapa tau aja kakak atau bokap nyokap punya dealer mobil, kita kan tinggal menggunakan rejeki adik sholeh dan anak sholeh, aamiin.
Gimana kalau sekarang kita susun strategi untuk membeli mobil pertama kita? Hore.... diskusi yang akan berlangsung asyik nih kayaknya, tapi ingat ga boleh sampai marah-marah kalau beda pendapat ya. Menurut vhisncrow, kita harus ambil sudut pandang fungsi utama mobil yang akan dibeli, apakah untuk urusan bisnis, (angkutan barang, angkutan orang, rental, dan yang lain), apakah untuk sarana transportasi keluarga (karena sering hang out), apakah untuk unjuk status sosial dan pencapaian titik karier, ataukah membeli mobil karena takut dibilang pencitraan (orang kaya sok-sokan hidup sederhana, gak mau beli mobil), ataukah karena ingin membahagiakan orang tua, atau karena ingin beramal kepada sesama. Waduh ternyata dari alasan mengapa kita membeli mobil saja bisa tujuh paragraf lebih ya pembahasannya. hehehehehe.
Untuk sarana bisnis, ya kita bisa pilih kendaraan jenis truck, container, mini bus, big bus atau yang lain sesuai segmentasi bisnis angkutan yang kita jalankan, kalau segmentasinya angkut artis ya belinya mobil agak mewah seperti vellfire mungkin, hehehehe. Nah kalau untuk sarana transportasi keluarga ya kita hitung dulu jumlah keluarga inti kita berapa, kalau jumlahnya empat ya banyak opsi untuk kita mulai dari sedan, mini bus, city car, hingga mobil-mobil keluarga yang agak besar seperti innova dan lainnya. Kalau untuk unjuk status sosial karena kita misal aja seorang bigbos perusahaan ya kita bisa milih mobil apa aja sesuai kehendak hati, misal mobil sport yang di dunia hanya di produksi 7 unit saja, biasanya mobil unjuk status jarang sekali digunakan, seringnya dipajang dan dielus-elus oleh asisten atau bawahan. Kalau untuk mencegah agar tidak dibilang pencitraan ya yang penting kelihatan ada mobil di garasi, kita ga perlu beli sebenarnya, suruh saja tetangga yang punya mobil tapi ga punya garasi untuk parkir di garasi kita, beres. Kalau ingin membahagiakan orang tua, kita tanya aja ortu ingin mobil yang mana, kita beli untuk mereka. Kalau ingin beramal kepada sesama, kita sering-sering beli aja mobil bekas orang, terus kita bikin dealer mobil bekas yang bermutu dan kita jual lagi dengan profit margin asal bisa bayar listrik dan tagihan PDAM sama paket data internet 2 GB/bulan.
Kalau sobat dan agan-agan ingin membeli mobil bekas, konon yang perlu diperhatikan adalah
kebersihan dan keapikan interior mobil, silakan dibayangkan sendiri, bagaimana keapikan dan kebersihan interior mobil ini,
sehatnya body mobil, artinya tidak ada bekas kecelakaan parah, semisal las-lasan bekas patah, body mobil masih tegak, tidak doyong kanan atau kiri,
kebersihan mesin, maksudnya mesin terlihat bersih, terawat dan tidak ada kebocoran sana-sini, kabel-kabel elektrik tidak simpang siur dan warna-warni tidak beraturan,
normalnya suara mesin mobil, berfungsinya semua lampu, sign, wiper, rem tangan
kelengkapan kunci cadangan, bpkb, stnk, buku pemilik, dongkrak, dan lain-lain.
dan mungkin ada lagi yang kelewat oleh vhisncrow.
Nah terus kita sudah punya mobil nih ceritanya, udah cocok banget dengan tujuan kepemilikan, langkah berikutnya apa? Langkah berikutnya adalah merawat mobil. Mobil harus dirawat dengan baik. Dan merawat mobil ini membutuhkan biaya yang lumayan, bilangan nominalnya tus-tus atau mungkin ta-ta. Are you ready? kalau udah berani beli mobil ya harus ready dong guys. Kalau misalnya sobat ga ready, gak apa-apa kok, banyak fasilitas rental mobil yang bisa disewa kalau agan-agan ada agenda yang memerlukan mobil.p
Poin-poin penting perawatan mobil yang pernah vhisncrow dapat dari nara sumber-nara sumber ber DNA otomotif adalahp:
Memperhatikan benda-benda cair dan alur pergerakan benda cair yang ada di mobil.
Benda cair di mobil secara umum adalah bahan bakar, oli, air, freon dan mungkin kalau ada cairan rahasia yang belum vhisncrow ketahui. Jangan biarkan bahan bakar mengalami kebocoran, Jaga agar bahan bakar minimal stand by di skala tengah indikator kehadiran, hal ini membantu merawat umur pompa bensin biar lebih awet. Oli juga jangan mengalami kebocoran, pantau umur kerja oli mobil, umur kerja oli tidak lagi dipantau dari jarak tempuh mobil tetapi kalau bisa dipantau dalam hitungan waktu (jam), di Bandung yang sudah sering mamam kemacetan, menghitung umur kerja oli mobil dari jarak tempuh sudah gak update, jangan biarkan oli mobil kurang dari ketentuan minimal, ini sangat berbahaya bisa meluluh lantakkan gerigi-gerigi mesin dan menghancurkan mesin. Air di mobil harus tetap air dan jumlahnya tidak boleh kurang, air yang bercampur dengan oli mengharuskan kita segera melakukan bedah mobil, freon jangan sampai kecolongan, bisa-bisa nanti kita repot ngurusin embun di kaca kalau hujan, fokus terganggu dan saya tidak mau melanjutkan cerita lagi kalau sudah begini. serem.
Memperhatikan Kaki-Kaki, Peredam Kejut dan Sistem Rem di Mobil.
Kaki-kaki mobil memiliki peran untuk melangkah, kaki-kaki mobil harus sehat, kalau tidak sehat bisa berbahaya, bisa patah kaki pas belok, bisa lepas kaki pas berlari dan kejadian berbahaya yang lain. Peredam kejut mungkin bisa dimasukkan di sektor kaki-kaki, peredam kejut juga penting untuk diperhatikan agar nyaman, kalau peredam kejut mati, mungkin bisa mempercepat keausan mounting-mounting (penahan mesin), mengganggu tingkat presisi bagian sensitif di mobil, dan bahkan keguguran kalau sedang ada yang hamil. Yang pasti berasa off road biarpun di on road. Kaki-kaki sehat, akan membuat sopir semangat menginjak pedal gas, menginjak pedal gas, berhubungan lurus dengan pedal rem. Pengereman adalah poin penting bagi Ken Block yang hobby drifting, ya kita juga dong. Pantau terus ketebalan brake shoes, disk brake, oli rem dan drum brake.
Memperhatikan Ban
Ban mobil idealnya setiap dua tahun ganti, bagaimanapun kondisi ukiran bannya alias ketebalannya, yang dilihat bukan ketebalan bannya tapi kimiawi dan fisikawi yang ada di karet ban. Ban yang sudah berumur, mengalami kegetasan dan keausan kimiawi sehingga mudah sobek. Maka dari itu sangat arif dan bijaksana kalau kita perhatikan umur ban. Pada sisi luar dinding ban, ada kode yang menunjukkan kapan ban mobil diproduksi, dari sini, kita bisa memperkirakan kapan kita harus mengganti ban.
Menjaga Kinerja Elektronik dan Mekanik pada Bagian Mobil
Kinerja elektronik berhubungan erat dengan sikring, kabel, sensor, lampu, relay, aki dan yang lainnya seperti fitur airbag kalau ada. Bagian mekanik misalnya bagian wiper, bagian power windows dan yang lainnya. Pastikan di mobil ada lampu cadangan, sikring cadangan, ban cadangan, alat P3K (sorry OOT dikit, tadi lupa). Cek kesehatan kabel-kabel di mobil, kalau ada yang sudah rapuh atau terkelupas ya diganti, kalau dibiarkan takut kebakaran. Air aki jangan sampai kurang dari ambang batas minimal. Haduh banyak banget itemnya, jadi males mau melihara mobil teh. hahahaha.
Nah sobat vhisncrow, gimana nih jadi beli mobil kan? walau pun ribet begitu, kalau sobat vhisncrow sudah ada rejeki buat beli mobil ya beli aja, kan nanti ada mang-mang bengkel yang siap sedia membantu merawat mobil agan-agan. Semangat.
No comments:
Post a Comment