FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Saturday, November 19, 2016

8 Short Cut Saat Mengetik

Ini Dia 8 Kumpulan Short Cut Word Yang Wajib Teman-Teman Ketahui

Halo temen-temen, pernah ga mengerjakan sesuatu yang harus diketik di komputer menggunakan microsoft office word? Kayaknya pernah deh, iya kan? Nah mungkin ketika temen-temen sedang mengetik, tiba-tiba harus ngetik seperti ini, C2H2, x2,underlined, bold mode, versi miring de el el yang lain lagi. Sekarang saya share pengalaman-pengalaman sewaktu bekerja dengan komputer ya, kalau ada yang kurang mungkin teman-teman bisa mencari lagi, ini dia:





  1. Menulis dalam tikatas, atau superscript.
  2. Untuk menulis tikatas atau superscript, temen-temen bisa menggunakan short cut Ctrl Shift +. Misal saja kita akan mengetik 0oC, maka setelah kita mengetik angka 0, kita pencet Ctrl Shift +, kemudian kita ketik huruf o, setelah selesai mengetik huruf o kita normalkan lagi mode pengetikan dengan memencet kembali Ctrl Shift +.
  3. Menulis dalam tikbawah, atau subscript.
  4. Untuk menulis tikbawah atau subscript, temen-temen bisa menggunakan short cut Ctrl =. Misal saja kita akan mengetik H2, maka setelah kita mengetik huruf H, kita pencet Ctrl =, kemudian kita ketik angka 2, setelah selesai mengetik angka 2 kita normalkan lagi mode pengetikan dengan memencet kembali Ctrl =.
  5. Membuat kalimat dimiringkan.
  6. Untuk membuat kalimat menjadi miring, short cut yang digunakan adalah Ctrl I. Misal kita ingin membuat miring kata ganteng, maka sebelum kita mengetik kata genteng kita sudah memencet Ctrl I dan setelah selesai mengetik kata ganteng, kita pencet lagi Ctrl I.
  7. Membuat kalimat atau kata menjadi tebal huruf-hurufnya.
  8. Agar kata atau kalimat menjadi tebal huruf-hurufnya, kita bisa menggunakan short cut Ctrl B. Misal kita ingin menebalkan kata botak, maka sebelum dan sesudah mengetik botak, kita sudah memencet Ctrl B.
  9. Membatalkan pekerjaan (Undo).
  10. Semisal kita membatalkan untuk menghapus kata katak pada suatu kalimat, kita tinggal memencet Ctrl X.
  11. Mengembalikan pembatalan yang dilakukan (Redo).
  12. Saat kita ingin mengembalikan pekerjaan yang sudah dilakukan, misal ingin mengembalikan lagi kata katak dalam kalimat tadi, kita tinggal mencet Ctrl Y.
  13. Membuat kata atau kalimat bergaris bawah.
  14. Agar kata atau kalimat menjadi bergaris bawah, maka short cut yang digunakan adalah Ctrl U. Misal kita mau menggaris bawahi kata tidak, maka sebelum dan sesudah mengetik tidak, kita sudah memencet Ctrl U.
  15. Menyimpan hasil pekerjaan yang sedang diketik.
  16. Untuk berjaga-jaga agar pekerjaan kita sudah tersimpan, maka kita dapat menggunakan Ctrl S. Memencet Ctrl S ini dapat kita lakukan kapan saja kita suka.

Maafin ya sedikit sekali yang bisa saya share, karena sehari-hari saya memang menggunakan short cut itu, belum menggunakan short cut yang lain. Semoga walau pun sedikit, tapi masih berkenan di hati teman-teman. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Selamat mempraktekkan ya.

No comments: