FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Saturday, November 5, 2016

Cara Mencegah Water Hammer dan Mengatasi Motor Mogok Akibat Genangan Air Hujan di Jalan.


Pada musim hujan, di kota besar dan padat seperti Bandung, kita akan menemukan banyak ruas jalan yang terendam air hingga membuat pengendara motor kadang ragu-ragu mau nerabas atau engga. Kalau nerabas takut mati mesin kalau engga nerabas takut terlambat. Hehehe itulah sekelumit kisah suka duka mendiami kota yang sudah padat dan ramai.

Alangkah bijaksana kalau di musim hujan ini para rider melengkapi diri dengan peralatan standard obeng dan kunci busi, untuk berjaga-jaga ketika motor mogok saat menerabas genangan air. Inget ya genangan air bukan menerabas banjir, ntar malah hanyut. Kenapa sih kalau kita menerabas genangan air di jalan tiba-tiba motor kita mati mesin?

Nah ketika kita menerabas genangan air, air bisa masuk ke dalam mesin motor melalui tiga celah. Ketiga celah tersebut adalah knalpot, rumah busi dan saringan udara. Kalau air masuk melalui kenalpot, air dapat mencapai posisi lubang manifold dan masuk ke dalam ruang pembakaran. Nah ketika air sudah masuk ke dalam ruang pembakaran, maka proses pembakaran menjadi terganggu, dikarenakan berkurangnya pasokan oksigen dan sifat kimia air yang sukar terbakar, kalau sudah begini tentu mesin akan mati. Demikian juga kalau bagian kepala busi terbasahi oleh air, maka nyala busi akan lemah sehingga proses pembakaran tidak optimal. Lebih parah lagi adalah ketika air yang masuk ke dalam ruang bakar sudah memenuhi volume ruang bakar, maka akan terjadilah yang dinamakan water hammer alias pukulan maut, eh salah pukulan air. Disebut water hammer karena sewaktu piston bergerak menuju titik atas pengapian, piston tertahan oleh volume air di dalam ruang pembakaran. Water hammer ini bahaya loh bagi mesin, bisa mengakibatkan stang piston bengkok.

Nah lalu apa yang harus kita lakukan saat motor kita mogok pas baru aja nerabas genangan air? Oke yuk cek list:

  1. Lepas busi dan bersihkan
  2. Bersihkan saringan udara dan bersihkan
  3. Kick starter beberapa kali
  4. Pasang busi dan saringan udara

Begitulah twips, semoga membantu informasinya. Selalu berhati-hati dalam berkendaraan, mari junjung tinggi keselamatan dan kebahagiaan bersama.

No comments: