FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Thursday, December 15, 2016

5 Rekomendasi Syukuri Kesehatan

Sehat itu mahal. Temen-temen pasti mendengar ungkapan itu ya kan? Maksudnya agar kita bisa menjaga kesehatan dengan baik. Sakit yang parah membutuhkan biaya pemeriksaan, penyembuhan dan perawatan yang mahal. Nah oleh sebab itu saya bermaksud mengingatkan diri saya sendiri dan temen-temen untuk menjaga kesehatan. Menurut saya, menjaga kesehatan merupakan wujud syukur nikmat kesehatan yang diberikan oleh Allah kepada kita. Ini dia 5 cara menjaga kesehatan yang sudah sering direkomendasikan oleh para pakar kesehatan, pakar olah raga dan pakar psikologi. Yuk kita break down biar engga penasaran.
  1. Niat, Usaha dan Berdoa
  2. Ya dong ini faktor penting banget, segala sesuatu harus ada niatnya. Niat akan memanggil semangat untuk menghampiri dan menemani perjuangan. Nah agar tidak merasa berat dan dimudahkan, jangan lupa berdoa, berdoa apa saja, ga usah malu-malau kalau meminta ke Allah. Karena konteksnya menjaga kesehatan, ya bermohon aja tentang segala sesuatu yang menurut temen-temen itu berhubungan dengan kesehatan.
  3. Makan dengan benar
  4. Maksudnya makan dengan benar adalah makan dengan langkah yang benar, porsi yang benar dan komposisi yang benar. Secara ringkas, makan yang benar itu diawali dengan memakan buah-buahan terlebih dahulu, baru kemudian makan besar. Sebagai rujukan teman-teman, di blog ini ada posting saya tentang pola makan yang benar.
  5. Disiplin minum air putih minimal 2 liter sehari
  6. Nah temen-temen ini penting banget, usahakan kita disiplin bisa minum 2 liter air. Kalau bisa air minumnya agak hangat, jangan yang dingin. Air merupakan komponen utama dalam tubuh kita temen-temen. Kerja-kerja sel dalam tubuh didukung sepenuhnya oleh nutrien yang diedarkan oleh darah. Komponen darah adalah plasma darah, yang 98% nya air. Darah kemudian akan dibilas dibersihkan dari sampah-sampah sisa metabolisme sel di ginjal. Inilah alasan mengapa kita harus bisa membantu meringankan kerja ginjal dengan memberi asupan air minum minimal 2 liter per hari.
  7. Beraktivitas fisik minimal 30 menit sehari
  8. Dulu kata pak guru, kesehatan manusia ada macam yaitu kesehatan statis dan kesehatan dinamis. Kesehatan dinamis dirasakan ketika tubuh digunakan untuk beraktivitas agak berat. Seandainya seseorang merasa pusing, dan tidak nyaman setelah melakukan aktivitas fisik seperti senam, maka dipastikan orang tersebut kurang sehat secara dinamis. Nah untuk melatih agar kesehatan dinamis kita bagus, kita disarankan untuk melakukan olah raga selama minimal 30 menit setiap hari. Ada banyak sih aktivitas fisik yang bisa kita lakukan, misal berjalan kaki, naik turun tangga, jogging atau senam. Kalau saya sendiri paling suka dengan senam, sambil dengerin musik yang temponya agak beat. Biar semangat, boleh juga kalau misalkan kita bikin video senam kita sendiri, dan kita setel ketika kita ingin senam. Jadi gerakannya terasa lebih lucu dan sesuai gaya masing-masing. Jangan lupa melakukan warming up alias pemanasan ketika akan beraktivitas fisik, agar tidak mengalami cidera otot. Apabila ingin melakukan aktivitas high impact, ada baiknya teman-teman konsultasi terlebih dahulu dengan pakar olah raga.
  9. Cukup istirahat
  10. Faktor penting dalam menjaga kesehatan adalah cukup istirahat. Ketika istirahat sel-sel tubuh mendapat kesempatan untuk memperbaiki fungsi sel-sel organ tubuh yang collapse dan chaos setelah beraktivitas seharian. So jangan kompromi dengan urusan istirahat yah.

Nah itu dia 5 cara simple yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan. Seru kan? Ada doa-doa, ada makan-makan, ada gerak-gerak

Special thank you to http://www.yankodesign.com/2008/10/20/a-new-way-to-bike/ for the taurus bike picture.

No comments: