FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Sunday, December 25, 2016

Rahasia Keberhasilan Diet Agar Kurus

Tips dan Trik Rahasia Agar Diet Kamu Berhasil.

Ternyata alasan kenapa orang diet agar kurus ada hubungannya dengan proses katabolisme pada tubuh manusia. Dalam tubuh, sumber energi yang tersimpan ada tiga macam, yaitu
  • gula
  • lemak
  • dan
  • protein
Gula akan kita peroleh dari makanan jenis karbohidrat. Karbohidrat adalah segala jenis makanan yang berasal dari fotosintesis tumbuhan. Karbohidrat yang dimakan akan dicerna hingga menghasilkan glukosa, gula yang paling horror adalah glukosa, karena glukosa sering disebut gula darah, dan darah erat hubungannya dengan horror-horroran, maaf kalau tidak nyambung. Lemak bisa diperoleh dari minyak-minyakan dan daging-dagingan. Protein diperoleh dari kacang-kacangan dan daging.
Teori sehatnya sih kita ga boleh makan secara berlebihan, berlebihan jumlahnya, apalagi kalau kita kurang olah raga, nutrien-nutrien hasil pencernaan karbohidrat, lemak dan protein hanya akan ditumpuk sebagai cadangan energi. Biasanya cadangan energi akan tersimpan dalam otot, seperti misalnya glukosa, bila glukosa yang ada dalam tubuh ternyata berlebihan kadarnya, maka glukosa akan disimpan dalam bentuk glikogen. Nah tumpukan cadangan energi yang semakin banyak inilah yang membuat tubuh kita menjadi ngglambir alias gendut, maaf akhirnya keluar juga kata gendut. Biasanya orang gendut kepingin banget jadi kurus, sebaliknya juga orang kurus kepingin jadi gendut. Lucu engga sih? Nah orang yang gendut biasanya akan melakukan diet. Iya kan?




Kenapa ya harus diet? Diet disini maksudnya adalah mengurangi asupan karbohidrat, atau malah sama sekali tidak memasukkan karbohidrat dalam menu makan seseorang. Emang bisa ya? Bisa sih, secara teori juga disebutin kalau dalam katabolisme tubuh, sumber energi yang diprioritaskan untuk dioksidasi menghasilkan energi untuk aktivitas tubuh adalah glukosa terlebih dahulu, kemudian disusul lemak, dan terakhir baru protein. Nah balik lagi ke diet, kenapa diet masih logis dilakukan agar jadi kurus? Karena sebetulnya diet mempersilakan tubuh untuk merombak gula otot (yang bila kebanyakan akan membuat kita gendut) menjadi glukosa untuk keperluan memproduksi energi, karena asupan glukosa dari pencernaan makan kita hentikan sementara waktu. Harapannya ketika kita diet, jumlah tumpukan gula dalam otot menjadi susut dan kita tidak tampak gendut lagi.
Tapi memang enak diet? Menurut saya pribadi sih ga enak, selalu kebayang-bayang untuk selalu makan-makanan yang enak, minum yang manis-manis, wah ngiler deh jadinya. Tantangan berat saat diet adalah:
  1. Merasa lapar
  2. Kenapa ya kok merasa lapar, padahal tubuh kan sedang menggunakan gula otot (glikogen) sebagai sumber energi kita saat kita sedang diet. Nah rasa lapar itu muncul dari kebiasaan sehari-hari kita mengisi lambung dengan cemilan-cemilan dan rutinitas makan besar sehari 3 kali. Saat kita diet kan kita stop makan, sehingga perut kosong, dan kita merasakan sensasi kelaparan. hihihi.
  3. Merasa lemas
  4. Sensasi lemas ini bisa jadi ditimbulkan dari proses katabolisme yang tidak secepat apabila glukosa dalam darah kita melimpah. Saat diet kan tubuh harus memecah dulu gula otot (glikogen) menjadi glukosa, baru kemudian setelah glukosa cukup maka katabolisme akan berlangsung. Istilah gampangnya karena startnya kalah, jadi lebih ngos-ngosan untuk mengejar posisi. hahahaha
  5. Merasa tersiksa
  6. Kenapa kok tersiksa, ya secara psikologis pasti seseorang yang sedang diet pasti merasa tersiksa, yang biasanya liat cemilan langsung diembat, biasanya lapar dikit terus jajan mie ayam atau es krim, sekarang harus menahan diri dari semua aktivitas nyam nyam yang yummy, belum lagi kalau temen-temen di sekitar mem bully, wah komplit deh penderitaan dietnya. wakakakakakak.
So temen-temen yang sedang diet, kalian harus bisa memeliharan tekad dan semangat dietnya agar tidak kacau. Jangan lupa tetap minum air putih 2 liter ketika diet. Jangan sampai terjebak ke dalam perangkap fobia gendut, fobia gendut dapat membuat pelaku diet mengalami anorexia. Anorexia adalah suatu fobia kegendutan, jadi setiap kali berkaca, diri akan merasa gendut, dan akan terus mogok makan, hingga semua cadangan energi tubuh telah habis dipakai untuk katabolisme tubuh, dan tubuh menjadi kurus kering kayak jrangkong hidup. Serem kan? Nah itulah obrolan seru kita tentang diet, semoga kita semua sehat dan bahagia. Aamiin.

No comments: