FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Thursday, June 16, 2016

RUMUS MOLEKUL


Rumus molekul menunjukkan komposisi unsur-unsur saat unsur-unsur tersebut membentuk molekul. Rumus molekul pasti mengandung lambang atom dan indeks atom. Kita akrab banget kan dengan air, air dalam kimia memiliki rumus molekul H2O. Pernah kan liat tulisan rumus molekul air seperti itu?

  1. huruf H kapital
  2. menunjukkan lambang atom hidrogen.
  3. angka 2 yang ditulis subscript setelah huruf H kapital disebut indeks
  4. menunjukkan jumlah atom H yang ada dalam molekul air.
  5. huruf O kapital
  6. itu menunjukkan lambang atom oksigen.
  7. setelah atom O tidak terlihat angka yang ditulis subscript
  8. sebetulnya ada, yaitu angka 1, tapi angka 1 tidak perlu dituliskan. Artinya setiap 1 molekul air mengandung 1 atom oksigen.

Jadi ketika kita melihat rumus molekul air, kita boleh membacanya seperti ini:

  1. Setiap satu molekul air selalu tersusun oleh dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.
  2. Setiap satu mol molekul air selalu tersusun oleh dua mol atom hidrogen dan satu mol atom oksigen.
  3. Setiap 18 gram molekul air selalu tersusun oleh 2 gram hidrogen dan 16 gram oksigen.
  4. Loh kok "Setiap 18 gram molekul air selalu tersusun oleh 2 gram hidrogen dan 16 gram oksigen." Ga nyambung dong dengan indeks-indeks yang ada dalam rumus molekul. hehehehe sebetulnya nyambung, indeks itu kan menunjukkan mol atom-atom dalam molekul, nah dua mol hidrogen setara dengan 2 gram hidrogen, dan 1 mol oksigen setara dengan 16 gram oksigen. Bagaimana saya tau 2 mol hidrogen = 2 gram hidrogen? dan 1 mol oksigen = 16 gram oksigen? Nah itu berasal dari massa atom relatif unsur tersebut. Massa atom relatif unsur hidrogen adalah 1 gram/mol dan massa atom relatif unsur oksigen adalah 16 gram/mol.

Jadi dengan mengetahui rumus molekul suatu senyawa, kita bisa mengetahui komposisi massa unsur-unsur yang menyusun senyawa tersebut. Ternyata komposisi massa unsur-unsur yang senyawa sudah tertentu dan memiliki perbandingan komposisi yang tetap, tidak akan berubah-ubah, sesuai dengan pernyataan hukum Proust. Pada contoh molekul air, air selalu akan tersusun oleh unsur hidrogen dan oksigen dengan perbandingan massa masing-masing 1 dan 8.

Nah guys, semoga dengan mengetahui misteri di balik penulisan rumus molekul ini, kita bisa lebih mudah memahami keteraturan dalam senyawa ya. Senyawa aja teratur, masak kita engga? Terus semangat ya! Bye!

No comments: