FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Thursday, July 7, 2016

Juno Sang Penjelajah Jupiter


Selamat pagi guys, apa kabar? semoga sehat semua ya. Hari ini kita mau ngomongin Juno. Juo yang kita omongin hari ini adalah Pesawat Luar Angkasa yang diluncurkan pada Agustus 2011 oleh NASA. Pesawat Juno ini dirancang khusus untuk mempelajari Jupiter. Juno membutuhkan waktu 5 tahun untuk mencapai Jupiter. Juno berhasil sampai di Jupiter pada bulan Juli 2016, Wow, Ketika Juno mencapai Jupiter, Google memasang doodle art tentang Juno dan kegembiraan NASA pada laman utamanya. Sebenarnya sebelum Juno, NASA sudah meluncurkan Galileo, Galileo sengaja ditabrakkan ke atmosfer untuk mengetahui kemungkinan adanya samudra di Jupiter. Keberhasilan NASA mencapai Jupiter, membuka peluang manusia untuk mengetahui apa pengaruh Jupiter terhadap kehidupan bumi, bagaimana Jupiter terbentuk, berapa perkiraan jarak Jupiter dari matahari.

Jupiter merupakan planet terbesar hingga saat ini. Jupiter berevolusi terhadap matahari selama 12 tahun. Rotasi Jupiter lebih cepat dari rotasi bumi, kalau di bumi 1 hari adalah 24 jam, di Jupiter 1 hari itu sama dengan 10 jam. Jarak Jupiter ke Bumi sekitar 716 juta kilometer, namun pesawat yang menuju Jupiter akan menempuh perjalanan sejauh hampir 4 kali dari jarak Bumi ke Jupiter, hal ini diakibatkan dari besarnya daya dorong pesawat luar angkasa yang dibutuhkan.

Nah temen-temen, keren bukan usaha yang sudah dilakukan oleh NASA untuk belajar? Semoga berita ini menambah minat dan semangat temen-temen untuk belajar, dan mempelajari segala sesuatu. Mempelajari bulan sudah, Mars sudah, Jupiter sudah, ayo kita tambah lagi khazanah pengetahuan kita.

No comments: