FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Wednesday, July 6, 2016

Penting Seputar Peugeot 306


Secuil sharinganku tentang mobil lawas buatan Perancis, Peugeot 306 Le Mans Edition. Mobil ini termasuk sedan. Sedan pada umumnya suspensinya lebih enak dari jenis mobil lain. Mobil peugeot kalau beli baru, harganya mahal banget, kalau beli bekas gak mahal. Keuntungan kalau beli mobil baru ya tinggal pakai, lima tahun kemudian ganti mobil lagi, tidak begitu pusing dengan biaya reparasi, atau mungkin restorasi, hahahaha, jadi inget pelajaran sejarah sewaktu SMP, Restorasi Meiji. Kalau beli mobil bekas ya untungnya harganya murah, tapi, nah ini ada tapinya, tapi harus siap-siap biaya reparasi sana-sini dan mungkin bahkan restorasi di sana-sini. Yah beruntung kalau dapat mobil bekas dari orang jujur, baik hati dan apik dalam merawat kendaraan, biaya reparasi dan restorasi sana-sini nya tidak begitu bengkak.

Selama menggunakan Peugeot 306 LeMans edition, hal-hal yang pernah saya alami adalah, gangguan pada pompa bensin, hal ini diakibatkan dari rusaknya bagian selang yang ada di bagian dalam sistem pompa bahan bakar si peugeot. pertanda yang dirasakan kalau bagian pompa ini ada gangguan adalah mesin ga mau menyala, kalau mau menyala, mesin akan bekerja dengan ndut-ndutan. Terus kalau udah begini solusinya apa? solusinya ya ganti pompa ke yang baru, terus biasakan untuk tidak membiarkan tanki bensin kosong, minimal 1/2 full lah, bensin memiliki peran untuk membantu mendinginkan pompa bensin, kalau pompa bensinnya cool kan jadi awet. Kalau ga ganti pompa bensin bisa? Bisa, dengan kreativitas dan kalkulasi masalah ini masih bisa diatasi.

Cerita berikutnya adalah, tentang ketukan irama mesin yang mendadak menyerupai ketukan irama mesin motor Inggris lawas, det det det det det ,,, deretdetdetdeedettt... nah itu pertanda kalau busi ada yang tidak bekerja. Caranya gimana kalau udah gini? ya ganti kabel busi dan atau busi kalau perlu. Mesin kan panas, ya wajar kalau kabel busi ada yang mengalami keausan dan kerusakan, atau head busi kotor terkontaminasi sisa pembakaran. Kalau bisa ya up grade bbm ke pertamax.

Dan sering-sering amati keadaan cairan radiator, kalau tiba-tiba ada semacam endapan licin berwarna kecoklatan, itu artinya ada kebocoran sistem radiator, air pendingin ikut masuk ke permesinan, bercampur dengan oli. Kalau dibiarkan saja, mesin mobil bisa mati mendadak, dan tidak bakal mau nyala lagi, sebelum masalah ini diperbaiki. Nah masih nyambung ama radiator-radiatoran, kalau misalnya lagi jalan terus mampir ke SPBU untuk isi bbm, mesin susah dinyalakan lagi, itu artinya ada gangguan di radiator, entah kipas, entah relay atau yang lain. Perhatikan juga indikator heat, indikator heat yang ideal maksimal di tengah-tengah, jangan lebih, kalau udah nemu gejala indikator panas sudah melebihi setengah, ya segera cek ke bengkel. Itulah secuil sharingan saya mengenai gaya mobil Eropa, sebetulnya mau apa pun juga gaya mobilnya, prinsip-prinsip mainstreamnya sama. Mohon maaf kalau banyak yang tidak berkenan di tulisan ini, selamat memelihara mobil dengan baik. No Pain No Gain

No comments: