FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Wednesday, October 26, 2016

Kesetimbangan Kimia dalam Reaksi Reversibel


Konstanta Kesetimbangan Reaksi itu Apa?

Temen-temen ternyata ada ya reaksi kimia yang berjalan reversibel. Apa nich artinya reversibel? Maksudnya reaksi kimia itu dapat berlangsung maju dan mundur, hehehe kaya judul film Warkop aja ya. Nah reaksi reversibel itu misalnya terjadi pada reaksi pembuatan amoniak. Reaksi pembuatan amoniak yang diefisienkan oleh Haber-Bosch adalah N2 + H2 ⇌ NH3. Nah ada sedikit perbedaan kan antara penulisan reaksi kimia biasa dengan reaksi kimia yang reversibel? Pada reaksi kimia reversibel tanda panah yang biasanya cuman satu arah, sekarang menjadi dua arah (bolak-balik). Itulah cara menuliskan persamaan reaksi kimia reversibel.

Kapan Suatu Reaksi Dinyatakan dalam Keadaan Setimbang?

Reaksi dikatakan mencapai keadaan setimbang apabila memenuhi syarat berikut guys:

  1. laju reaksi ke kanan sudah sama dengan laju reaksi ke kiri
  2. komposisi masing-masing zat sudah tidak berubah
  3. artinya pereaksi sudah tidak lagi berkurang dan produk tidak lagi bertambah.

Ketika reaksi sudah setimbang, seakan-akan reaksi sudah berhenti. Dikatakan seakan-akan berhenti karena sebenarnya reaksi itu tetap berjalan tapi laju ke kanan sama dengan laju ke kiri, jadi seperti berhenti. Nah begitulah gambaran reaksi yang berjalan reversibel dan dapat mencapai keadaan setimbang

Keistimewaan Reaksi Reversibel

Keistimewaan Reaksi Reversibel adalah memiliki harga konstanta kesetimbangan, K. Ada dua jenis K yang akan dijumpai pada reaksi reversibel, dan ternyata kedua jenis K itu juga berhubungan. Inilah keistimewaan itu:

  1. Kc
  2. Kc ini ditinjau dari perbandingan konsentrasi molar produk terhadap pereaksi. Yang dapat diperhitungkan dalam Kc hanyalah speci reaksi (zat yang terlibat dalam reaksi) yang berada dalam keadaan terlarut (aq) dan gas (g), speci yang berada dalam keadaan padat (s) dan cair (l) tidak diperhitungkan. Rumus dari Kc adalah:

  3. Kp
  4. Kp ini ditinjau dari tekanan parsial speci gas. Kp hanya dimiliki oleh reaksi reversibel homogen, yang hanya melibatkan speci gas, tanpa melibatkan speci larutan, cari dan padat. Rumus dariKp adalah:

  5. Hubungan Kc dan Kp
  6. Apabila kita mengetahui Kp suatu reaksi reversibel, maka kita dapat menentukan Kcnya. Hal ini karena ada hubungan antara Kp dengan Kc. Hubungannya adalah:

Karakteristik Harga K Reaksi Reversibel a.k.a. Reaksi Kesetimbangan

  1. Harga K tidak akan berubah selama suhu tidak dirubah
  2. Harga K akan menjadi 1/Ksemula apabila reaksi reversibelnya dibalik.
  3. Harga K akan menjadi Ksemula dipangkatkan n apabila reaksi reversibelnya dikalikan n.
  4. Harga K dari penjumlahan beberapa reaksi reversibel sama dengan perkalian dari masing-masing harga K reaksi reversibel yang dijumlahkan.

Ngomong-Ngomong apakah kesetimbangan reaksi reversibel dapat diganggu?

Jawabannya dapat, adalah Le Chatelier yang mempelajari faktor-fator yang dapat menggeser kesetimbangan. Faktor itu adalah:

  1. Suhu
  2. Apabila suhu diturunkan, maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi eksoterm, begitu sebaliknya.
  3. Tekanan
  4. Bila dalam reaksi yang melibatkan speci gas, tekanan sistem dinaikkan, maka kesetimbangan akan bergeser ke arah mol gas yang lebih sedikit, begitu sebaliknya.
  5. Konsentrasi Zat
  6. Seandainya konsentrasi pereaksi ditambah, maka kesetimbangan akan bergeser ke arah produk, demikian juga kalau produk segera diambil, maka kesetimbangan akan menuju ke arah produk.

Nah guys, itu sedikit info tentang kesetimbangan kimia yang bisa saya share, semoga masih penasaran dan semakin giat belajar. Selalu perbaiki diri, lihat kesalahan sendiri, stop nyalahin orang apalagi benci-benci orang. Hidup hanya sekali, harus berarti!

No comments: