FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Friday, December 22, 2017

Bagaimana Seharusnya Merawat Helm Kesayangan

Merawat Helm, Asyik dan Membuat Helm Anda Lebih Awet

Pemilik sepeda motor biasanya memiliki helm kesayangan. Nah hari ini, saya akan membahas cara merawat helm. Sebelum kita membahas cara merawat helm, terlebih dahulu mari kita berkenalan dengan helm. Helm terdiri dari batok helm , visor, busa peredam, dan tali pengait. Batok helm biasanya terbuat dari polimer yang keras dan dilapisi dengan cat atau sticker decal yang terlapisi cat bening. Visor adalah bagian helm yang berupa mika bening. Busa peredam biasanya terbuat dari stirofoam yang dilapisi dengan kain lembut. Tali pengait biasanya terpatri pada batok helm dan memiliki bagian pengunci. Nah itulah bagian-bagian helm yang dapat dirangkum secara garis besar.

Yuk sekarang kita bahas cara merawat helm kita! Perawatan helm yang dianjurkan adalah:

  1. Biasakan menggunakan pelindung rambut ketika kita mengenakan helm.
  2. Hal ini memiliki tujuan agar keringat yang keluar dari kulit kepala tidak langsung diserap oleh bagian peredam helm, tujuannya agar helm tidak lembab dan bau.
  3. Menyimpan helm pada wadahnya.
  4. Bila kita membeli helm dengan harga yang lumayan, kita biasanya mendapat wadah helm bawaan. Nah, wadah ini dapat digunakan untuk menyimpan helm ketika kita sudah tiba di tempat tujuan semisal kantor. Wadah ini dapat melindungi helm dari goresan dan debu.
  5. Meletakkan helm dalam posisi terlentang dengan visor terbuka
  6. Langkah ini hanya dapat dilakukan ketika kita sedang ada di rumah, helm diletakkan pada alas yang empuk dan lembut dengan posisi terlentang dan visor terbuka. Langkah ini dilakukan agar kelembaban helm berkurang dan aroma tidak sedap dapat menguap. Lebih baik lagi bila pada langkah ini helm terkena paparan sinar matahari.
  7. Mengelap dan mencuci helm
  8. Ternyata helm tidak dianjurkan untuk dicuci dengan detergen. Batok helm cukup dibersihkan dengan air biasa dan kemudian di lap dengan lap lembut. Untuk mencuci visor helm juga cukup dilakukan dengan air bersih, dan dilap dengan lap yang lembut. Sedangkan untuk merawat bagian peredam, kita cukup mencuci kain pelapis stirofoam dengan air sabun encer.

Nah teman-teman, demikianlah sharingan dari saya tentang cara merawat helm. Helm bukan hanya sekedar pengaman kepala saat berkendara, tapi sudah menjadi bagian dari style (gaya) kita dalam kehidupan sehari-hari. Sudah menjadi kemakluman bersama bahwa kendaraan bermotor jenis sepeda motor menjadi pilihan utama masyarakat dalam berkegiatan. Terima kasih sudah mempir dan membaca, tetap hati-hati di jalan, saling menghargai sesama pengendara dan awas jangan sembarangan menaruh helm, nanti helmnya bisa hilang. Bye!

No comments: