FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Wednesday, February 28, 2018

Cara Mudah Menghitung pH Larutan Hidrolisis Garam


Belajar kimia yuk guys! Hari ini lagi pingin membahas tentang pH hidrolisis garam nih. Sewaktu kita mereaksikan asam dengan basa, maka kita akan mendapatkan hasil reaksi berupa garam dan air. Apabila asam dan basa yang kita reaksikan tepat habis bereaksi a.k.a.
stoikiometris, maka mungkin kita akan menemukan peristiwa hidrolisis garam. Hirolisis garam hanya akan terjadi apabila garam hasil reaksi memiliki ion asam lemah dan atau ion basa lemah. Apabila garam yang terbentuk hanya memiliki ion sisa asam lemah atau basa lemah, maka hidrolisis garam yang terjadi adalah hidrolisis sebagian. Bila garam yang dihasilkan ternyata memiliki ion asam lemah dan basa lemah sekaligus, maka hidrolisis garam yang terjadi adalah hidrolisis total. Dan kalau garam yang terbentuk tidak memiliki ion asam lemah dan atau ion basa lemah, maka garam tidak akan mengalami hidrolisis, dan harga pH nya dianggap sama dengan 7 atau sering disebut netral.

Gimana? Engga susah kan belajar hidrolisis garam? Yuk sekarang kita lanjutkan ke cara menghitung pH larutan garam. Ada empat rumus yang dapat kita gunakan untuk menentukan pH larutan garam. Kalian udah hafal? Kalau belum hafal, kalian bisa lihat rumus hidrolisis garam sekarang! Keempat rumus hidrolisis garam tersebut adalah:

  1. Rumus ini digunakan bila garam memiliki ion basa lemah dan ion asam kuat. Garam ini akan mengalami hidrolisis sebagian. Disebut hidrolisis sebagian karena hanya ion basa lemah saja yang terhidrolisis, sedangkan ion asam kuatnya tidak. Ion basa lemah akan terhidrolis dengan air menghasilkan basa dan proton, ion H+. Contoh garam yang akan mengikuti rumus hidrolisis ini adalah garam amonium klorida, NH4Cl. Garam ini akan terionisasi menghasilkan ion NH4+ dan ion Cl-. menurut persamaan reaksi ini NH4Cl → NH4+ + Cl-. Dan ion NH4+ akan terhidrolisis menurut reaksi ini NH4+ + H2O ⇌ NH4OH + H+.

  2. Bila garam memiliki ion asam lemah dan ion basa kuat. Garam ini akan mengalami hidrolisis sebagian. Disebut hidrolisis sebagian karena hanya ion asam lemah saja yang terhidrolisis, sedangkan ion basa kuatnya tidak. Ion asam lemah akan terhidrolis dengan air menghasilkan asam dan ion hidroksida, ion OH-. Contoh garam yang akan mengikuti rumus hidrolisis ini adalah garam natrium asetat, CH3COONa. Garam ini akan terionisasi menghasilkan ion CH3COO- dan ion Na+. menurut persamaan reaksi ini CH3COONa → CH3COO- + Na+. Dan ion CH3COO- akan terhidrolisis menurut reaksi ini CH3COO- + H2O ⇌ CH3COOH + OH-.

  3. Rumus ini digunakan bila garam memiliki ion basa lemah dan ion asam lemah (dengan catatan Harga Ka lebih besar dari harga Kb) . Garam ini akan mengalami hidrolisis total. Disebut hidrolisis total karena ion basa lemah dan asam lemah akan terhidrolisis. Ion basa lemah akan terhidrolis dengan air menghasilkan basa dan proton, ion H+. Ion asam lemah akan terhidrolis dengan air menghasilkan asam dan ion hidroksida, ion OH-. Contoh garam yang akan mengikuti rumus hidrolisis ini adalah garam amonium fluorida, NH4F. Garam ini akan terionisasi menghasilkan ion NH4+ dan ion F-. menurut persamaan reaksi ini NH4F → NH4+ + F-. Ion NH4+ akan terhidrolisis menurut reaksi ini NH4+ + H2O ⇌ NH4OH + H+, ion F- akan terhidrolisis menurut reaksi ini F- + H2O ⇌ HF + OH-.

  4. Rumus ini digunakan bila garam memiliki ion basa lemah dan ion asam lemah (dengan catatan Harga Ka lebih kecil dari harga Kb) . Garam ini akan mengalami hidrolisis total. Disebut hidrolisis total karena ion basa lemah dan asam lemah akan terhidrolisis. Ion basa lemah akan terhidrolis dengan air menghasilkan basa dan proton, ion H+. Ion asam lemah akan terhidrolis dengan air menghasilkan asam dan ion hidroksida, ion OH-. Contoh garam yang akan mengikuti rumus hidrolisis ini adalah garam amonium sianida, NH4CN. Garam ini akan terionisasi menghasilkan ion NH4+ dan ion CN-. menurut persamaan reaksi ini NH4F → NH4+ + CN-. Ion NH4+ akan terhidrolisis menurut reaksi ini NH4+ + H2O ⇌ NH4OH + H+, ion CN- akan terhidrolisis menurut reaksi ini CN- + H2O ⇌ HCN + OH-.

Nah guys, itu dia pengetahuan dasar tentang hidrolisis garam. Semoga kalian makin penasaran dan makin rajin belajar ya. Sukses buat kita semua. Terima kasih sudah berkunjung.


No comments: