FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Tuesday, June 5, 2018

Seberapa Penting Sekolah Untukmu?

Halo anak-anak muda yang merasa capek dan lelah dengan aktivitas sekolah! Jangan bersedih ya! Tetaplah bergembira menjalani hari-hari di sekolah. Saya tau kalian sering mengeluhkan banyaknya pelajaran dan sulitnya pelajaran yang harus kalian hadapi, selain banyak dan susah, ternyata ada pelajaran yang kalian tidak sukai. Ketika ada pelajaran yang tidak disukai itu wajar kok, yang tidak wajar adalah kalian tidak suka belajar, hehehehe.

Lalu bagaimana dong cara menjalani sekolah? Nah, saya ada ide menarik nih tentang cara menjalani sekolah, pasti kalian penasaran banget gimana caranya, iya kan? Oke ini dia cara menjalani sekolah dengan asyik, cek this out!

  1. Menganggap sekolah sebagai sarana berdisiplin
  2. Kalau kalian sekolah kan harus masuk pagi-pagi. Pagi-pagi itu waktunya jalanan macet, nah kalau kesiangan pasti nanti buru-buru di jalan, kalau buru-buru di jalan biasanya ngebut, kalau ngebut biasanya emosi mudah terpancing dan cenderung abai terhadap rambu-rambu, nah bahaya dong, bahaya untuk diri sendiri dan orang lain. Artinya kalau kesiangan, kalian pasti takut terlambat, kalau terlambat kan jadi mengganggu KBM yang sedang berlangsung, dan bisa jadi kalian mendapatkan sanksi. Malu kan? Jadi kalian yang bersekolah harusnya memiliki disiplin yang baik, disiplin agar tidak begadang, disiplin bangun pagi, disiplin menjaga kesehatan dan disiplin lainnya yang mungkin tidak tersebut dalam tulisan ini.

  3. Memanfaatkan sekolah untuk membangun jaringan pertemanan
  4. Saat sekolah pasti kita akan bertemu dengan teman-teman, keuntungan yang didapat dari banyaknya teman-teman adalah kita akan memiliki jaringan pertemanan yang bisa bermanfaat, semisal untuk saling menghargai perbedaan, saling mengisi kekurangan, saling membantu, menjaga kerukunan dan bahkan memajukan usaha bersama.

  5. Menganggap para guru di sekolah sebagai wakil orang tua
  6. Nah ketika sekolah, kalian harus menghormati guru di sekolah, mendengarkan penjelasan guru dan tentunya berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh guru. Bila kalian tidak melakukan hal ini, maka sekolah yang kalian jalani akan semakin sia-sia.

  7. Menjadikan aktivitas sekolah sebagai wahana menggembleng kesabaran dan kejujuran
  8. Kok bisa sekolah dijadikan sebagai wahana untuk menggembleng kesabaran dan kejujuran? Ya iya dong karena kan di sekolah kalian harus mempelajari pelajaran yang kalian gak suka dan gak kalian butuhkan di kehidupan kalian nanti, tapi karena kalian udah terlanjur memakan sekolah mau gak mau ya harus mau kan? hehehehe. Gimana gak masuk kategori sabar, SD nya aja 6 tahun, SMP nya 3 tahun, dan SMA nya 3 tahun. Hebat kan kalian? Nah terus untuk kejujurannya gimana? Kejujurannya ya itu pas kalian ulangan harian, quiz, UTS, UAS, USBN, UNBK dan bla-bla itulah, kalian harus mengerjakannya sendiri jangan sampai mencontek teman. Mencontek teman itu seperti mengambil jatah buka puasa teman kamu loh! Ngenes banget kan? Jujur saya sedih kalau kalian ga jujur dan mencontek demi mendapat nilai yang baik dalam ulangan dan ujian. Kenapa saya sedih? Mencontek (yang saya analogikan dengan mengambil jatah buka puasa orang lain) adalah tunas dari tindakan jahat yang namanya korupsi.

Nah temen-temen muda semua, gimana, sedih ya habis baca postingan ini? Euleuh-euleuh ga usah sedih, jalanilah sekolah dengan santai, kalau kalian memang merasa diri kalian bukan di jalur sekolah yang melulu membahas fisika, kimia, biologi, matematika dan yang lainnya, maka jalanilah sekolah dengan santai dan tidak perlu memikirkan hasil akhirnya yang berupa nilai itu. Jalanilah sekolah dengan baik, dengan penuh hormat kepada papa mama dan kepada para guru. Namun, saya sangat menganjurkan kepada kalian untuk mencari-cari potensi yang ada dalam diri kalian untuk kalian jadikan sebagai andalan dalam mengarungi kehidupan (baca menjemput rejeki Allah yang berwujud uang).

Tentu saja menjalani sekolah dengan "terpaksa" dan menjalani asah bakat minat dalam hari-hari kalian secara bersamaan sangatlah melelahkan. Bayangkan kalian setiap hari sekolah 7 jam, dari 24 jam masih tersisa 17 jam, bila dipotong dengan waktu istirahat 8 jam, maka kalian masih memiliki sekitar 9 jam untuk mengaktualisasi diri kalian. Semoga tulisan ini dapat memberikan penyegaran dalam kejenuhan kalian. Sekolah bukan segalanya tapi belajar akan membawa kalian kepada kebaikan dan keindahan yang dapat mengalahkan segala pencapaian duniawi dan kebendaan.

No comments: