FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Monday, July 4, 2016

Meramu Obat Batuk Alami


Ibu pasti sedih kalau anaknya sedang batuk. Nah sekarang saya ingin berbagi cara menyembuhkan batuk pada buah hati kesayangan kita. Cara tradisional warisan nenek moyang yang biasa dipakai di keluarga adalah membuat obat batuk dari bahan-bahan kencur, madu, dan jeruk nipis. Di tahun 2016 ini, alhamdulillah masih mudah menemukan ketiga bahan ini di pasar tradisional.

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama kita cuci kencur hingga bersih (sisa-sisa tanah tidak ada lagi di kulit kencur). Kencur diparut, kalau jaman dulu nenek saya, parutan dialasi dengan daun pisang. Hasil parutan kencur kita saring dengan saringan lembut, dan kita tempatkan pada botol kaca. Tambahkan madu dalam ramuan kencur agar rasa pedas dari kencur berkurang. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis. Nah, berikan ramuan kencur ini kepada si kecil, minimal 3 kali sehari atau lebih kalau dirasa perlu (karena intensitas batuknya 'ngikil' atau sering). Ramuan ini juga baik diminum oleh kita yang sudah dewasa, agar tenggorokan terasa segar.

Bagi saya pribadi, obat herbal terasa lebih nyaman dan tenang untuk dikonsumsi, daripada mengkonsumsi obat-obatan versi industri. Ternyata keren juga menjadi ahli herbal. Indonesia sebagai negara maritim yang terdiri dari lima pulau dan terletak di daerah subur, sebetulnya cocok untuk membudidayakan aneka tanaman termasuk tanaman obat.

No comments: