FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Friday, July 15, 2016

Senyawa Hidrokarbon


Hanya Mengandung Atom C dan H.

Hidrokarbon ditilik dari namanya berasal dari kata hidrogen dan karbon. Hidrokarbon tidak mungkin mengandung unsur lain selain atom C dan H. Sumber utama hidrokarbon ternyata dari minyak bumi. Minyak bumi memiliki kandungan hidrokarbon yang melimpah. Pada umumnya hidrokarbon banyak dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar, misal LPG digunakan sebagai bahan bakar rumah tangga, dalam kompor gas. Bensin yang digunakan di motor dan mobil juga berupa hidrokarbon. Kalau kendaraan kita bermesin diesel menggunakan solar sebagai bahan bakar, solar juga termasuk hidrokarbon. Selain untuk bahan bakar, hidrokarbon berfungsi juga sebagai bahan lubrikasn (pelumas), hidrokarbon yang digunakan sebagai pelumas biasanya memiliki tingkat kekentalan yang tinggi. Bahkan hidrokarbon ada yang dapat digunakan untuk membuat jalan, yaitu aspal. Aspal itu residu pengolahan minyak bumi, aspal berat banget, sehingga tidak teruapkan saat minyak bumi sedang menjalani proses destilasi bertingkat.





Destilasi bertingkat adalah cara untuk memisahkan komponen-komponen hidrokarbon yang ada di dalam minyak bumi. Destilasi dikenal juga dengan istilah penyulingan. Destilasi atau penyulingan adalah cara pemisahan campuran berwujud cair berdasar perbedaan titik didih masing-masing komponen zat cair.  Karena cara ini didasari oleh perbedaan titik didih, sepertinya ada proses panas-memanasi nih, iya betul sekali. jadi minyak bumi yang sudah siap didestilasi akan dididihkan dalam tanur pemanas, yang memiliki tingkat-tingkat pendingin yang berbeda. komponen yang paling mudah mendidih akan diperoleh terdahulu, demikian seterusnya diikuti oleh komponen-komponen berikutnya yang semakin sulit mendidih. Disebut penyulingan bertingkat karena terdapat sekat-sekat pendingin (pengembun yang banyak, seperti digambarkan di bawah ini.

Hidrokarbon yang diperoleh dari proses pengolahan minyak bumi termasuk ke dalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Minyak bumi dihasilkan dari proses pengendapan fosil tumbuhan dan hewan yang telah terkubur berjuta-juta tahun lamanya, sehingga kalau cadangan minyak di bumi sudah habis dibor, manusia harus menunggu jutaan tahun lamanya untuk dapat memperoleh minyak bumi lagi. Tapi konon perusahaan minyak di Jerman dan perusahaan otomotif audi saat ini sedang mengembangkan sintesis bahan bakar fossil dengan bahan dasar gas CO2 dan air. Wow.

No comments: