FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Monday, July 18, 2016

Cara Melatih Otot


Mungkin sobat menginginkan otot yang terbentuk di beberapa bagian tubuh sobat. Kali ini vhisncrow akan mencoba mengulas cara latihan untuk membentuk otot. Untuk membentuk otot ternyata pola latihan yang dibutuhkan adalah pola latihan dengan gerakan cepat dan berulang (kata temen vhisncrow disebut latihan anaerob), jadi gerakan latihannya bukan gerakan lamban dan berulang (aerob). Kalau gerakan latihannya lamban, itu bukan berarti tidak bisa membentuk otot, bisa sih bisa tapi butuh waktu lebih lama, latihan dengan gerakan lambat, memiliki tujuan untuk menguatkan otot.

Nah karena latihan pembentukan otot memerlukan gerakan yang cepat, tentu latihan ini akan sangat melelahkan. Sebelum membentuk otot, maka sobat melatih kekuatan dan kelenturan otot terlebih dahulu. Pola latihannya dengan gerakan lamban, misalnya sobat ingin membentuk otot bisep, maka pertama kali tentunya melatih kekuatan otot bisep dengan barbel. Beban barbel yang digunakan bisa dipilih sesuai dengan kemampuan sobat, misal beban 1 kilogram. Lakukan gerakan mengangkat beban (dari posisi lengan lurus hingga lengan menekuk 90o). Lakukan gerakan ini secara berulang-berulang dalam ritme yang lamban. Gerakan ini dapat dilakukan dalam 3 set, setiap satu set sama dengan 10 kali gerakan pengulangan. Latihan lambat ini dilakukan dalam waktu 7 hari. Praktikkan latihan ini pada target otot yang lain misal otot perut, gunakan pola yang sama. Setelah 7 hari, baru kita mulai mendesain latihan anaerob untuk target pembentukan otot.

Latihan anaerobik yang tujuannya membentuk otot, membutuhkan gerakan yang cepat. Untuk otot bisep latihannya sama, yaitu dengan menggunakan barbel. Beban barbel yang digunakan bisa dikurangi dari beban barbel di latihan aerob (misal di aerob 1 kg, di anaerob kita bisa gunakan barbel 1/2 kg), gerakan lengan dari posisi lurus hingga menekuk 90o. Variasi gerakan latihan bisep bisa dicari di literatur. Latihan juga dilakukan pada target otot yang lain dengan pola yang sama. Apabila kita sudah mulai merasa nyaman dengan kecepatan, beban dan ritme (level) dalam latihan, kita boleh meningkatkan level.

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan bagi body builder, adalah tentunya pola makan. Pola makan body builder tidak sama dengan pola makan sebelumnya. Body builder harus ketat memilah dan menghitung jenis makanan dan porsi makanan yang akan dimakan. Apabila latihan tidak diikuti dengan pola makan yang benar, maka tujuan membentuk otot ini akan gagal. Gagal yang dimaksud disini adalah, ototnya tidak akan terlihat terbentuk, tetapi akan tertutup oleh lemak di atasnya, walaupun demikian, kekuatan otot yang sudah dilatih tetap didapatkan. Nah sobat, selamat berlatih dengan baik dan menjaga pola makan dengan ketat, semoga berhasil.

No comments: