FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Tuesday, August 9, 2016

Jelang MotoGP 2016 Austria Red Bull Ring


MotoGP tanggal 14 Agustus 2016 akan diselenggarakan di Austria, tepatnya di sirkuit Red Bull Ring yang ada di kota Spielberg. Sirkuit ini sudah dibangun pada tahun 1969, dikenal dengan nama Österreichring. Pada tahun 1996 sirkuit mengalami perombakan tata letak dan nampak seperti tahun 2016. Pada tahun 2011 sirkuit Österreichring dinamai sirkuit Red Bull Ring dan menjadi pusat olahraga motor di Austria. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,318 km. Jumlah tikungan yang ditemukan di sirkuit ini ada 10 tikungan. Sirkuit ini memiliki kontur naik turun juga, karena perbedaan titik tertinggi dan titik terendah yang dimilikinya adalah 65 meter. Ciri khas dari sirkuit ini adalah memiliki 18 meter lintasan pada area tinggi di bagian tengah sirkuit, terkenal dengan sebutan 'Banteng Spielberg' dan bentangan sayap bangunan veistalpine yang menawarkan keindahan arsitektur. Diselenggarakannya motoGP musim 2016 di Austria bulan Agustus ini merupakan comeback pertama kali setelah gelaran internasional motoGP pernah diselenggarakan di Austria pada tahun 1997. Wow, jadi gak sabar nonton deh ini.


Sirkuit Red Bull Ring ini sepertinya sirkuit cepat deh, karena banyak lintasan lurusnnya (perhatikan gambar layout sirkuitnya). Arah balapnya clockwise (sesuai arah putaran jarum jam) ada 8 tikungan ke kanan dan 2 tikungan ke kiri. Nah loh siapa yang kagok kalau belok kiri? Di sirkuit ini yang kagok belok kiri boleh senyum-senyum gembira, karena hanya akan menemukan sedikit gangguan ketika akan bermanuver belok kiri. Tapi kalau yang takut belok kanan? Ya udah selamat aja dilibas oleh rider-rider lain. Tapi sepertinya pembalap-pembalap kelas motoGP ga ada yang phobia belokan deh. Kalau misalnya ada kayaknya mereka akan diam-diam aja, takut diketawain soalnya. hihihi.

Kalau melihat layout seperti ini, motor-motor Ducati akan merajai deh kayaknya. Dan ternyata benar, pada uji coba bebas yang udah dilakukan oleh tim-tim motoGP, pembalap-pembalap Ducati membubuhkan catatan waktu tercepat. Keren ya? Tim Repsol Honda malah ga ikutan di acara uji coba ini. Mungkin Ducati akan disusul oleh Honda kemudian Yamaha. Marc Marques yang kemarin sudah keren menjaga stabilitas emosi dan kepercayaan dengan timnya sungguh sangat memungkinkan untuk meraih poin di sirkuit ini. VR46 sang legenda hidup sangat dimaklumi bila sangat ambisius untuk meraih titel juaranya yang ke-10. Penampilannya di Belanda dan Jerman sangat disayangkan, semoga pembalap bernomor 46 ini mampu menjaga emosi dan kepercayaan pada timnya. Dalam dunia motoGP, skill pembalap, kepiawaian tim, strategi dan teknologi motor adalah unitas yang tak terelakkan untuk meraih titel. So sobat motoGP, mari kita tunggu siapa juara di Austria ini.

No comments: