FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Wednesday, August 3, 2016

Sifat Koligatif Larutan Tekanan Osmosis


Ketika kita memiliki dua larutan yang berbeda konsentrasinya dan kita tempatkan keduanya dalam satu wadah yang sama dengan pemisah membran semipermeabel, maka akan terjadi peristiwa osmosis. Apa itu peristiwa osmosis? Osmosis itu perpindahan partikel pelarut dari larutan encer menuju larutan yang lebih pekat melalui membran semipermeabel. Perpindahan ini akan terus terjadi hingga kedua larutan mencapai kesetimbangan konsentrasi. Oh begitu? Ya iya dong, Terus kalau membran semipermeabel itu apa? Membran semipermeabel itu semacam selaput tipis berbahan khusus yang hanya bisa dileawti oleh partikel pelarut suatu larutan.

Terus apa hubungannya antara osmosis dan tekanan osmosis? Nah tekanan osmosis itu adalah tekanan yang dibutuhkan untuk melawan atau mencegah terjadinya osmosis. Faedahnya ada engga ya tekanan osmosis ini? Ada kok faedahnya, salah satu faedah dari tekanan osmosis itu misal pada pengolahan air laut menjadi air tawar, pengolahan air dengan cara memberlakukan tekanan osmosis sering disebut dengan teknologi reverse osmosis a.k.a. osmosis terbalik.

<

Dalam sifat koligatif larutan, tekanan osmosis berbanding lurus dengan molaritas zat terlarut dan suhu. Lambang tekanan osmosis adalah phi (seperti phi yang digunakan pada luas lingkaran). Rumus tekanan osmosis larutan yang biasa digunakan adalah :


Nah itulah dasar mengenai tekanan osmosis dalam sifat koligatif larutan, semoga membantu.

No comments: