FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Sunday, October 30, 2016

Kualitas Air Cerminan Diri Manusia

Air Yang Bersih Cerminan Diri Yang Bersih.

Ternyata air bisa mendengar apa yang diucapkan oleh manusia. Air yang mendengar kata-kata yang berhubungan dengan kebencian akan membentuk kristal air yang jelek. Air yang mendengar kata-kata yang berhubungan dengan kebaikan, kasih sayang, kelembutan, kebahagiaan dan cinta akan membentuk kristal air yang baik. Hal ini sudah dibuktikan oleh Profesor Masaru Emoto dari Jepang. Nah sekarang tinggal kita pilih, kita pilih kristal air yang baik atau yang jelek?

Apakah ada hubungan antara air dan manusia? Hubungan antara air dan manusia ternyata ada. Air merupakan kebutuhan pokok manusia. Sebagain besar tubuh manusia mengandung air. Maka alangkah baiknya apabila kita memperdengarkan hal-hal baik kepada air. Dengan kita perdengarkan hal-hal baik kepada air, kita berharap kristal-kristal air akan menjadi baik. Kristal air yang baik dalam tubuh kita, kita harapkan akan membawa kebaikan pula kepada kita.

Alangkah sedihnya saya pribadi kalau melihat perairan sangat tercemar. Sungai-sungai dipenuhi oleh sampah rumah tangga, berupa plastik, styrofoam, dan sampah lainnya. Selain kotor, sungai yang kotor akan menyumbat jalannya air hujan ketika musim hujan tiba. Apa yang terjadi kalau air hujan terhalangi? Air hujan akan mencari jalannya sendiri, maka jangan heran kalau ada berita banjir, tanah longsor, tanggul jebol, hal itu karena air hujan tidak memiliki jalan, dan akhirnya dia menemukan jalan dengan caranya sendiri.

Ada pepatah lebih baik diam, apabila tidak dapat berkata-kata yang baik dan bermanfaat. Hal ini benar sekali, apabila kita berbicara yang tidak baik, dikhawatirkan keadaan tubuh kita akan terpengaruh tidak baik. Tubuh kita akan menjadi kurang fit, mudah sakit, dan yang paling parah hati kita menjadi tidak lembut lagi. Ingat ya kesalahan yang sering dilakukan berulang-ulang akan terasa tidak salah dan salah-salah akan menjadi benar, padahal yang salah tetap salah dan yang benar pasti benar. Yuk berhenti berbuat merugikan diri sendiri, kita bersama-sama melatih diri untuk sabar dan menahan diri dari berkata-kata kasar, mengejek, membenci, menghina, menyalahkan, karena itu semua akan menyakiti diri kita sendiri dan orang lain. Kalau diri sendiri sakit, orang lain sakit, maka siapa nanti yang sehat?






Dalam ajaran Islam, air memiliki posisi tersendiri dan special seperti halnya martabak special yang diavoritkan banyak orang. Pembagian jenis-jenis air dalam ajaran Islam adalah sebagai berikut:

  1. Air Mutlaq
  2. Adalah air yang suci dan menyucikan. Air ini dapat digunakan untuk membersihkan tubuh dan pakaian.
  3. Air Musyammas
  4. Adalah air yang suci tapi disarankan tidak digunakan untuk membersihkan tubuh. Contoh air musyammas adalah air yang lama terpapar sinar matahari. Apabila digunakan untuk membersihkan tubuh, dikhawatirkan dapat menimbulkan sakit.
  5. Air Musta'amal
  6. Adalah air suci yang boleh diminum, tapi tidak boleh digunakan untuk menyucikan. Contoh air musta'amal adalah air buah kelapa, air dalam buah anggur, air yang tersimpan dalam dahan ataupun akar.
  7. Air Majawir
  8. Yaitu air yang bercampur dengan benda lain yang masih bisa dipisahkan. Seperti misalnya air dalam wadah yang diberi kayu cendana, kayu cendana dapat diambil lagi dari wadah tersebut.
  9. Air Mukhalit
  10. Air mukhalit terjadi apabila air bercampur dengan sesuatu yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan air tersebut, misalnya air dalam wadah yag dicampur dengan gula.
  11. Air Muqayyad
  12. Adalah air yang bercampur dengan sesuatu yang suci, sehingga air tersebut tidak tergolong lagi air mutlaq. Misalnya air yang dicampur dengan madu, sirup, susu.
  13. Air Mutanajis
  14. Air yang berada dalam wadah dengan volume kurang dari 216 liter, dan terkena sesuatu yang najis, dan dapat mengalami perubahan sifat fisik (rasa, bau, warna).
  15. Air Najis
  16. Air yang berada dalam wadah dengan volume lebih dari 216 liter tapi mengalami perubahan sifat fisik.

Ayo teman-teman, kita jaga kebersihan air dan kebersihan diri kita baik kebersihan lahir dan batin. Air adalah cerminan diri kita.

No comments: