FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Tuesday, December 6, 2016

Cara Terbaik Mencuci Kendaraan

Selamat pagi, sahabat pasti senang kalau melihat kendaraannya bersih kan? Udah tau belum cara mencuci kendaraan yang benar? Ternyata mencuci kendaraan membutuhkan cara yang benar. Nah, cara yang benar untuk mencuci kendaraan adalah:

  1. Sedot bagian dalam mobil dan bagasi dengan vacuum cleaner.
  2. Hal ini bertujuan agar udara dalam kabin kendaraan terjaga kebersihannya. Kabin yang bersih juga memperpanjang umur kerja sistem AC.
  3. Membasahi seluruh permukaan kendaraan.
  4. Tutup bagian kendaraan yang tidak disarankan terkena air bila diperlukan, bisa dicek di buku panduan pemilik kendaraan.
  5. Membersihkan bagian-bagian kendaraan dari kotoran debu dengan lap lembut (tanpa shampoo dulu).
  6. Dimulai dari bagian yang paling sensitif terhadap goresan terlebih dahulu, misal kaca, lampu dan spion, kemudian body baru bagian kaki dan kolong. Kenapa tidak langsung menggunakan shampoo? Ini dimaksudkan agar lapisan cat pada kendaraan tidak cepat habis terkikis oleh gesekan antara lap licin dan pasir-pasir yang menempel di lap.
  7. Mencuci semua bagian mobil seperti langkah kedua, tapi kali ini menggunakan shampoo.
  8. Membilas hasil cucian dengan air bersih.
  9. Mengelap semua bagian mobil dengan lap pengering.
  10. Lap pengering ini sering disebut kanebo. Jangan lupa membilas kanebo setelah digunakan untuk mengelap bagian-bagian mobil.
  11. Menyemir ban.
  12. Melumasi bagian-bagian kendaraan dengan minyak terekomendasi dengan tujuan mencegah perkaratan.

Oh iya kelupaan, sebaiknya tidak mencuci kendaraan bila kendaraan baru saja dipakai, karena masih panas. Hindari juga untuk mencuci kendaraan bila kendaraan sudah terpapar panas matahari lama, selain tidak baik untuk cat, tidak sehat untuk kita yang mencuci, kasian kepanasan, ntar bisa dehidrasi dan pusing. Semoga bermanfaat ya teman-teman. Terima kasih sudah mampir membaca lagi. Best regard, wisnu|guntoro.

No comments: