FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Monday, December 12, 2016

Darah dan Peredarannya

Pernah engga ketika mengerjakan sesuatu dengan alat, kamu terluka? Biasanya ketika kita terluka, akan keluar darah dari luka kita tersebut. Apa itu darah? Ternyata darah sangat penting dalam tubuh kita. Yuk kita bahas sedikit tentang darah.

Sistem Sirkulasi

Darah dalam tubuh manusia diedarkan ke seluruh jaringan tubuh dalam sistem yang disebut sistem sirkulasi atau sistem peredaran darah. Yang terlibat dalam sistem peredaran darah manusia adalah jantung, pembuluh darah dan darah itu sendiri. Jantung memiliki otot-otot yang dapat memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jantung mengalirkan darah melalui pembuluh-pembuluh darah.

Pembuluh Arteri

Dikenal dengan nadi, membawa darah dari jantung menuju seluruh bagian tubuh. Pembuluh arteri ini membawa darah bersih, artinya darah yang berisi gas oksigen dan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh.

Pembuluh Vena

Atau pembuluh balik, bertugas membawa darah dari seluruh bagian tubuh menuju ke jantung. Darah yang diangkut dalam pembuluh balik adalah darah kotor atau darah yang berisi gas karbon dioksida dan sisa-sisa metabolisme sel tubuh. Selain pembuluh nadi dan pembuluh balik ada juga pembuluh darah kapiler.

Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler adalah pembuluh-pembuluh darah yang sangat kecil, bertugas mengantarkan oksigen dan sari-sari makanan dari darah langsung ke sel-sel dalam tubuh.

Agar darah dapat diedarkan ke seluruh bagian tubuh dengan baik dibutuhkan tekanan darah yang cukup. Tekanan darah terbesar dicapai saat jantung berkontraksi mendorong darah keluar dari jantung, dan tekanan darah terendah jantung diperoleh saat otot jantung relaksasi. Tekanan darah tertinggi disebut dengan sistole dan tekanan darah terendah disebut dengan diastole. Tekanan sistole dan diastole rata-rata normal adalah 110/80.

Komponen Darah

Separuh komponen darah adalah plasma darah. Plasma darah berupa koloid yang hampir semua tersusun oleh air (92 %). Plasma darah berperan untuk mengangkut sari-sari makanan dan sel-sel darah. Bagian darah yang berupa padatan adalah sel darah merah, sel darah putih dan keping darah.
  1. Sel Darah Merah
  2. Berperan untuk membawa oksigen ke seluruh sel tubuh dan membawa sisa metabolisme seperti gas CO2 ke paru-paru.
  3. Sel Darah Putih
  4. Berperan untuk melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh.
  5. Keping Darah
  6. Berperan dalam proses pembekuan darah ketika terluka.

Golongan Darah

Golongan darah manusia ada empat, yaitu golongan darah A, B, AB dan O. Darah juga mengandung Rh positif dan Rh negatif. Penggolongan darah ditentukan dari protein yang ada dalam sel darah merah.

Golongan darah dan Rh sangat penting untuk transfusi darah. Darah pendonor dan darah akseptor harus sesuai agar tidak menimbulkan bahaya dan kematian bagi pasien penerima donor darah. Ngomong-ngomong tentang donor darah, siapa yang sudah pernah donor darah? Terima kasih ya pernah donor darah, donor kalian sangat menolong pasien transfusi darah. Semoga mendapat balasan yang sangat baik dari Allah. Aamiin.

No comments: