FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Thursday, July 25, 2019

Tanda-Tanda Kabel Busi Bocor pada Hyundai Atoz GLS Matic

Ketika Anda merasakan hentakan-hentakan (brebet) saat mobil anda sedang menyala langsam atau saat mobil mulai berjalan dari lampu merah atau ketika Anda mundurkan untuk parkir, maka Anda boleh curiga bahwa ada masalah pada pengapian mobil Anda. Mari kita analisis dari kemungkinan terdekat (boleh juga dibaca termurah) terlebih dahulu. Kemungkinan mobil Anda mengalami gangguan pada busi atau kabel busi. Beginilah langkah yang dapat Anda lakukan saat mobil Anda menyala tersendat-sendat atau brebet.

  1. Nyalakan mobil
  2. Dengarkan suara-suara yang muncul, coba dengarkan suara cetek-cetek atau cetik-cetik.
  3. Halangi daerah kabel busi dengan koil dari cahaya
  4. Lihatlah apakah ada percik bunga api yang sesekali terlihat berkilat?
  5. Tandai kabel busi yang Anda duga mengalami kerusakan (bocor)
  6. Gantilah dengan kabel busi cadangan
  7. Ulangi langkah nomor 1
  8. Apabila sudah tidak ada suara cetek-cetek atau cetik-cetik berarti sudah tidak ada kabel busi yang bocor.

Segera lakukan pemeriksaan kendaraan kita apabila ada yang tidak berjalan normal, agar dapat segera ditemukan permasalahannya dan diselesaikan, sangat disayangkan kalau karena terlambat memeriksakan gangguan kendaraan, Anda malah harus mengeluarkan biaya dan ongkos lebih banyak lagi.

Kalau pengalaman saya, harga kabel busi nomor 3 untuk mobil Hyundai Atos GLS Matic Tahun 2002 sekitar 130 ribu (maaf saya lupa pastinya), harga tersebut dikeluarkan oleh petugas Bengkel Resmi Hyundai. Nah demikian tulisan ini saya bagi kepada Anda semua sahabat saya, semoga bermanfaat, mohon maafkan semua kekurangannya dan silakan ditambahkan ke kolom komentar kalau Anda ada waktu dan kesempatan

No comments: