FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Monday, August 12, 2019

3 Petunjuk Sederhana Membeli Mobil

Halo temen-temen...
semoga kabarnya sehat ya, sehat jiwa dan raga dong, aamiin.
kali ini saya mau membahas mengenai cara memilih mobil. Asyik ya? siapa nih yang udah rencana beli mobil? Turut berbahagia buat temen-temen yang tahun ini udah ada dana untuk membeli mobil. Nah mungkin tulisan saya ini bisa membantu temen-temen yang sedang mencari referensi dalam memilih mobil. Yuk cek aja!
  1. Apakah kamu akan sering pergi jauh (keluar kota) dengan mobilmu nanti?
  2. Jika ya, maka aku sarankan teman-teman untuk membeli mobil berpenggerak roda belakang seperti xenia, luxio, avanza, inova, fortuner atau pajero. Kenapa kok menyarankan mobil berpenggerak belakang? karena mobil berpenggerak roda belakang boleh dibilang lebih kuat membawa beban bila dibandingkan dengan mobil berpenggerak roda depan.
  3. Apakah kamu hanya menggunakan mobil kamu untuk keperluan keluarga saja di dalam kota?
  4. Jika ya demikian, maka teman-teman bebas memilih jenis mobil berpenggerak roda depan atau belakang, tinggal menyesuaikan tempat tinggal teman-teman, kalau kota tempat tinggal teman-teman di daerah datar, kendaraan berpenggerak roda depan bisa menjadi pilihan, keuntungan kendaraan roda depan adalah memiliki ruang mobil yang lebih leluasa, tapi kalau tempat tinggal teman-teman di daerah yang jalannya naik turun dan berkelok, lebih disarankan memilih kendaraan berpenggerak roda belakang.
  5. Apakah yang akan menggunakan mobil ini nantinya kaum wanita atau orang tua?
  6. Jika ya, sebaiknya teman-teman memilih kendaraan yang sudah power steering dan bertransmisi matic. Tujuannya agar pengemudi merasa aman, nyaman dan mudah dalam berkendara. Kendaraan city car seperti hyundai atoz, kia picanto, honda brio, suzuki karimun, daihatsu sirion dan mobil lain yang sejenis bisa dijadikan pilihan.
Nah itu dia beberapa pertimbangan dalam memilih jenis kendaraan yang akan teman-teman beli. Lalu bagaimana cara memilih kendaraan yang layak beli? Kalau menurut saya pribadi syarat-syarat kendaraan yang layak dibeli adalah sebagai berikut:
  1. Surat-surat kendaraan lengkap dan sesuai dengan nama orang yang menjual kendaraan tersebut
  2. Mobil tidak dalam status hutang (kredit) atau digadaikan
  3. Kondisi fisik mobil masih bagus dan terawat (eksterior, bagian luar ataupun bagian interior, bagian dalam)
  4. Tidak ada suara gludug-gludug saat posisi perseneling kita pindahkan dari P ke R, R ke N, N ke D, D ke 2, 2 ke L dan sebaliknya (bila mobilnya matik)
  5. Semua instrumen elektrikal yang ada dalam mobil masih berfungsi normal
  6. Mendapat keterbukaan informasi riwayat perawatan mobil dan PR mobil yang harus segera diselesaikan apabila kita membeli mobil tersebut
Intinya teman-teman tidak perlu terburu-buru dalam mencari mobil yang ingin dibeli, karena mobil yang kita beli harus sebisa mungkin sangat layak untuk dimiliki dan masih berkinerja baik saat kita gunakan. Terima kasih ya teman-teman sudah membaca blog saya ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bersyukur hari ini. Salam.

No comments: