FIRSTWISNU MEDIA
firstwisnu media
Friday, May 15, 2020

DELAPAN PEDOMAN MUDAH DALAM MERAWAT KENDARAAN

Kepedulian pada Kendaraan Sebagai Salah Satu Kunci Keselamatan





Temen-temen firstwisnu media semua, pada blog kali ini saya akan membagikan beberapa pedoman praktis dalam merawat kendaraan, mudah diikuti, gak ribet, gak perlu kursus, dan bisa dilakukan siapa aja asalkan berniat. Nah pasti kalian penasaran banget kan? Oke langsung aja kita bahas yah, inilah pedoman praktis dalam merawat kendaraan:
  1. Selalu Perhatikan Lampu-Lampu Indikator yang Muncul Pada Control Panel Mobil
  2. Control panel biasanya ada di belakang stir, tapi ada juga yang di tengah sih, nah selain berisi speedometer, odometer, di dalam control panel itu juga ada lampu-lampu indikator seperti indikator safety belt belum terpasang, indikator bensin udah mau habis, indikator sedang mengaktifkan lampu hazard, indikator sedang mengaktifkan lampu kabut, indikator engine check, indikator sedang mengaktifkan fitur over drive, indikator pintu ada yang belum kencang nutupnya, indikator oli rem udah perlu ditambah dan yang lain-lain, semakin muda dan canggih kendaraannya pasti semakin banyak indikator ini itu anunya deh. Nah lampu-lampu indikator inilah yang membantu si pemilik kendaraan untuk mengambil langkah-langkah solutif untuk segera mengatasi permasalahan yang sudah ditunjukkan oleh si lampu indikator, kalau bisa diatasi sendiri oke banget, kalau perlu jasa montir, segera aja ke montir andalan.
  3. Tes Semua Lampu, Sistem Jam, Sistem Audio dan Fitur Mekanis Pada Kendaraan
  4. Semua lampu nyalain, lampu senja, lampu sign, lampu stop, lampu bagasi, lampu kabut, lampu kabin dan lampu lain yang ada, kalau ada yang ga nyala, segera periksa apakah lampu putus, apakah kabel putus apakah sekring putus! Setel juga sistem audio yang ada di mobil, apakah berfungsi dengan baik? Kalau tidak, lakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan lampu tadi! Sistem jam yang mati juga mengindikasikan kemungkinan adanya sekring yang terputus. Dan aktifkan semua fitur mekanis yang ada di mobil, seperti sistem penyemprotan air pada wiper, apakah air tersemprot? Kalau tidak, periksa apakah wadah air wiper terisi, apakah wadah air wiper rusak (bocor)? Apakah pompa penyemprot rusak? Apakah kabel elektroniknya tidak terhubung? Setelah itu periksa juga apakah power windows berjalan normal? Kalau power windows berjalan normal ya oke, kalau tidak normal, artinya perlu tindakan, begitu pula power window manual yang masih diengkol, harus dicek juga. Nah begitu kira-kira acara cek-cekan nya. Takutnya kalau tidak di cek, jadi cek-cok, kan runyam.
  5. Periksa Fungsi Hand Brake
  6. Cara memeriksa kinerja hand brake pada kendaraan matic itu yang paling asik, caranya adalah pada posisi hand brake aktif, masukkan tuas percepatan ke D, dan rasakan apakah mobil bergerak maju? Bila mobil bergerak maju pada posisi hand brake aktif, artinya kita perlu segera periksa kondisi cengkeraman rem pada roda-roda kendaraan.
  7. Pastikan Level Kebutuhan Cairan Kendaraan Berada Pada Level Disarankan
  8. Buka kap mesin, cek air radiator, cek oli rem, cek air wiper, cek level oli mesin, cek oli matic, pastikan semua cairan itu berada di ambang batas pengisian yang disarankan.
  9. Periksa Keadaan Ban
  10. Lihatlah keadaan ban, apakah terlihat kempes, bila bagian bawah ban terlihat datar seperti permukaan tanah, lantai, atau aspal, dipastikan ban kempes, apalagi kalau rata banget sampai mentok ke velg, wah itu bocor, segera isi angin dan tambal kalau perlu, atau malah ganti ban bila perlu, jangan lupa juga untuk cek kondisi ban cadangan, walaupun fungsinya cadangan, tapi kondisinya juga harus fit seperti ban utama.
  11. Periksa Suara Mesin dan Kondisi Asap Knalpot
  12. Bila ada bunyi kasar, tidak normal seperti mendesing, berdecit atau suara tidak normal segera konsultasikan dengan montir andalan, siapa tau ada masalah dengan sabuk timing belt, sabuk kondensor AC, sabuk dinamo, kerusakan ruang bakar mesin, kebocoran oli dan penyebab lainnya. Asap knalpot juga perlu diperiksa, Asap knalpot adalah indikator kesehatan pembakaran mesin, kendaraan yang sehat asapnya tidak berwarna, kecuali saat hidup awal di pagi hari terutama akan terlihat putih dan diikuti puncratan-puncratan air sebagai by product pembakaran bensin di ruang bakar, ingat C7H16 + O2 akan menghasilkan gas CO2 dan uap H2O kan? kalau pembakarannya sempurna kalau engga ya ada jelaga atau arang karbonnya juga sih, yang kalau dicolek jadi item terus dicolekin ke idung atau jidat, biar coleng mukanya, hahahahaha.
  13. Periksa Ada atau Tidaknya Tetesan Cairan di Bawah Tempat Parkir
  14. Kalau ada cairan di bawah tempat parkir, lihatlah apakah itu air, atau minyak? Perkirakan dari posisi mana cairan itu menetes, kemungkinan ada kebocoran sistem oli mesin, oli matic, air wiper, air radiator atau pun yang lain.
  15. Cek Kondisi Accu dan Tutup Radiator ke Montir Langganan
  16. Kesehatan accu dan tutup radiator perlu diperiksa dalam rentang waktu tertentu agar berfungsi normal
Nah itu dia pedoman sederhana kita untuk melakukan perawatan kendaraan yang kita miliki agar kita menjadi manusia bertanggung jawab yang ikut aktif dan nyata menjaga keselamatan berkendaraan, selalu patuhi peraturan lalu lintas, bijak dan sabar dalam berlalu lintas, junjung tinggi nilai kemanusiaan dan kemaslahatan masyarakat, dunia boleh kiamat, tapi akhlak terpuji harus tetap melekat sampai akhir hayat. Akhir kata, selamat beraktivitas dan menjemput rahmat, semoga selamat. Terima kasih sudah membaca, jangan lupa like, share dan subscribe!

No comments: